ARSIPMAJALAH KOMBINASI

Polemik Revolusi Teknologi Internet

Dibaca 1 Menit

Edisi ke-79, Desember 2022

Halo Kawan-kawan,

Newsletter Kombinasi kembali terbit di pengujung 2022 ini.

Pada edisi Kombinasi ke-79 ini, tema yang kami angkat adalah Polemik Revolusi Teknologi Internet. Perkembangan teknologi internet yang makin pesat dewasa ini nyatanya tidak diimbangi dengan keberpihakan pada keadilan dan kesejahteraan sosial. Banyak pelanggaran HAM dan permasalahan sosial yang disebabkan oleh pesatnya perkembangan internet.

Kami telah merangkum beberapa contoh kasus kesenjangan yang ditimbulkan oleh revolusi internet yang dipaparkan dalam artikel berjudul Kemajuan Teknologi yang Mengkhianati HAM. Kekacauan akibat perkembangan internet juga tergambar melalui Artikel lainnya yang berjudul The Burden of Debt: A brief look into the rise of digital lending platforms in Indonesia and Nigeria. Artikel tersebut akan membicarakan perihal bagaimana kekisruhan yang diakibatkan oleh pinjaman online di dua negara berkembang: Indonesia dan Nigeria.

Selain dua artikel di atas, polemik revolusi internet juga akan dipaparkan di beberapa catatan maupun artikel lainnya. Misalnya, pembahasan mengenai macam-macam serangan digital yang dilaporkan oleh tim SAFEnet. Ada pula catatan kritis terhadap Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (PDP) yang ditulis oleh Yayasan Tifa. Sebagai Organisasi Masyarakat Sipil yang peduli dengan isu perkembangan internet dan kehidupan digital, Yayasan Tifa menganggap bahwa UU PDP yang baru saja disahkan pada tahun 2022 ini masih problematis, karena banyak mengandung pasal yang kurang tegas. Catatan lainnya terkait PDP juga dituliskan dalam artikel berjudul Urgensi Perlindungan Data Pribadi dalam Kerja-Kerja Organisasi Masyarakat Sipil. Artikel tersebut akan spesifik membahas tentang bagaimana relasi antara perlindungan data pribadi dengan kepentingan kerja organisasi.

Ada juga esai dari Isma Swastiningrum yang dimuat Remotivi tentang fenomena oversharing di media sosial. Terakhir adalah laporan Indonesia Digital Rights Country Forum yang digelar oleh EngageMedia dan SAFEnet pada akhir November 2022.

Selamat membaca, selamat menyongsong tahun baru 2023! Sampai jumpa di edisi Newsletter Kombinasi berikutnya.

Salam hangat,

Redaksi Combine

*baca selengkapnya melalui tautan di bawah ini,

https://s.id/1VdfO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *