PROJECT COORDINATOR (PC)
Program Penguatan Walidata di Tingkat Kabupaten melalui Penerapan Sistem Informasi Desa dan Sistem Informasi Kabupaten.

Lokasi 
Basis/penempatan: Bantul, Yogyakarta
Wilayah kerja: Daerah Istimewa Yogyakarta, Kabupaten Buleleng (Bali), dan Kabupaten Lombok Utara (Nusa Tenggara Barat)

Latar Belakang
Combine Resource Institution (CRI) merupakan lembaga swadaya masyarakat berbasis di Yogyakarta yang beritikad mendorong penguatan institusi, jejaring komunitas, dan kapasitas warga dalam tata kelola sumber daya lokal melalui pengembangan dan pemanfaatan sistem informasi berbasis komunitas. Fokus kerja kami mencakup isu satu data desa-daerah, literasi digital, dan media warga/komunitas.

Pada periode April 2023 – Maret 2024, kami mengampu penyelenggaraan program bertajuk “Penguatan Peran Walidata Tingkat Kabupaten dalam Mewujudkan Tata Kelola Satu Data Perencanaan Desa-Daerah melalui Penerapan Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya dan Sistem Informasi Kabupaten (SIKAB)”. Sasaran program ini adalah Pemerintah Kabupaten Buleleng dan Kabupaten Lombok Utara, yang diarahkan untuk mempelajari model integrasi data melalui SID Berdaya dan SIKAB yang telah berhasil diterapkan di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Untuk mengelola program tersebut, kami mengundang kandidat potensial untuk mengisi posisi sebagai “Project Coordinator”. Posisi ini bertanggung jawab memimpin tim pelaksana proyek dan melapor langsung kepada Manajer Program sebagai supervisor.

Tipe Kontrak
Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT), waktu penuh (full-time)

Durasi Kontrak
12 bulan (Perpanjangan perjanjian kerja dapat dipertimbangkan berdasarkan kebutuhan program, performa kinerja, dan ketersediaan anggaran)

Peran dan Tanggung Jawab
1. Mengelola perencanaan, pelaksanaan, dan pengembangan kegiatan program.
2. Mengelola dokumentasi dan administrasi kegiatan program untuk kebutuhan monitoring dan evaluasi.
3. Memfasilitasi proses peningkatan kapasitas dan pendampingan teknis kepada kelompok sasaran kegiatan program.
4. Mengelola proses komunikasi, advokasi, kemitraan, jejaring, dan mobilisasi sumber daya dengan para pihak di level daerah wilayah program dan di level nasional.

Kompetensi
1. Menguasai kemampuan manajemen dan memiliki jiwa kepemimpinan.
2. Berintegritas, profesional, serta menghargai keragaman nilai dan budaya.
3. Bersikap terbuka dan mampu berkomunikasi dengan baik, lisan maupun tulisan, dengan para pihak.
4. Memiliki kemampuan resolusi konflik dan memediasi kepentingan lintas sektor/aktor.
5. Kedewasaan dan kepercayaan diri berinteraksi dengan jajaran perangkat pemerintahan desa, pemerintahan daerah, dan kementerian/lembaga.

Kualifikasi
1. Pendidikan minimal Sarjana (S1), diutamakan pada disiplin yang terkait dengan konteks tata kelola pembangunan.
2. Pengalaman minimal 4 tahun mengelola kegiatan program pada konteks isu pemerintahan, perencanaan dan pembangunan, atau isu yang berkaitan erat. Pemahaman dan penguasaan pada isu data governance, evidence-based policy, dan pelindungan data pribadi menjadi nilai lebih.
3. Menguasai manajemen administrasi dan anggaran kegiatan program.
4. Memiliki kemampuan mengembangkan jejaring dengan mitra pemerintah/pemda, akademisi, dan NGOs.
5. Menguasai bahasa Indonesia dengan baik. Menguasai bahasa Inggris akan diutamakan.

Jika Anda tertarik dan memenuhi kualifikasi tersebut, silakan kirim CV dan cover letter melalui e-mail: hrd@combine.or.id, dengan subyek Project Coordinator – (Nama Pelamar).

Tenggat Pengiriman Berkas
26 April 2023 pukul 23.59 WIB

Tanggal Mulai Bekerja
4 Mei 2023

Hanya kandidat yang memenuhi persyaratan yang akan dihubungi.