Kami adalah lembaga swadaya masyarakat yang beriktikad mendorong terciptanya warga berdaya secara ekonomi, sosial, budaya dan politik, melalui pengelolaan informasi berbasis komunitas. Kami mendorong penguatan institusi, jejaring warga serta kapasitas warga di bidang informasi tata kelola sumber daya, antara lain dengan memanfaatkan teknologi informasi komunikasi.

Berdiri sejak 2001, CRI bermula dari sebuah program bernama Pemantauan Berbasis Masyarakat (Community-Based Monitoring Program), SMERU (Unit Pemantauan Sosial & Respons Dini). Program ini menjalankan beberapa kegiatan, di antaranya :

  • Mengembangkan Forum Warga yang diuji coba di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Lombok Barat untuk melakukan pemantauan terhadap program Jaring Pengaman Sosial (Social Safety Net / SSN)
  • Memfasilitasi pembentukan konsorsium organisasi masyarakat sipil di tingkat kota di Bandung (SAWARUNG) dan Yogyakarta (PAWARTA) untuk menggunakan hasil pemantauan SSN untuk memengaruhi para pembuat keputusan publik.
  • Memfasilitasi komunitas terpilih di empat wilayah untuk mengembangkan sistem informasi berbasis komunitas yang berorientasi pada penyelesaian masalah di tingkat komunitas.

Hingga kini, semangat yang diperjuangkan sejak 2001 tersebut tetap menjadi roh lembaga. CRI terus mendukung pengembangan media komunitas dan pemanfaatan Teknologi Informasi-Komunikasi (TIK) oleh warga untuk mengelola informasi.

CRI percaya bahwa dengan mengelola informasi, termasuk di dalamnya data, warga akan mampu mengambil keputusan-keputusan penting bagi hidupnya dan memiliki posisi tawar yang kuat saat berhadapan dengan berbagai pihak.

Tentang Logo

Logo resmi yang digunakan CRI adalah sebagai berikut :

Logo CRI terdiri dari dua baris. Baris pertama adalah combine dengan huruf “i” ditulis dengan gaya tulisan tangan. Baris kedua adalah resource institution yang ditulis di atas bidang segi empat tanpa sudut. Huruf “i” yang ditulis dengan gaya tulisan tangan adalah inisial dari kata “informasi”; sebagaimana kepanjangan combine, community based information network. Hal ini dimaksudkan sebagai penekanan bahwa CRI bekerja di ranah tata kelola informasi.