ARSIPMAJALAH KOMBINASI

Terus Bergerak demi Merespons Perubahan Sosial

Dibaca 1 Menit

Edisi ke-78, Juni 2022

Halo Kawan-kawan,

Akhirnya, setelah agak lama hiatus, Newsletter Kombinasi kembali terbit.

Pada edisi Kombinasi ke-78 ini, kami mengusung tema Terus Bergerak demi Merespons Perubahan Sosial. Seperti kita ketahui, kehidupan ini sangat dinamis sehingga perubahan merupakan sesuatu yang mutlak. Kemajuan teknologi digital yang begitu pesat dan perubahan iklim adalah contoh isu yang akhir-akhir ini banyak dibicarakan. Menghadapi itu kami tentu harus merespons dinamika situasi masa kini dengan terus bergerak. Melalui Newsletter Kombinasi, kami ingin mengabarkan bahwa kami baru saja menyelesaikan rangkaian perumusan perencanaan strategis organisasi yang juga merupakan salah satu cara kami untuk merespons berbagai perubahan sosial.

Kami bagikan pula cerita tentang Pelatihan Keamanan Menyeluruh (Holistic Safety), yaitu salah satu pelatihan yang digagas sebagai mitigasi terhadap risiko kerentanan yang terjadi di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital. Kebanyakan dari kita tidak menyadari bahwa berbagai ancaman dalam kehidupan yang serba digital akan juga merambat menjadi ancaman fisik hingga psikis.

Ada juga kabar dari Anugerah Jurnalisme Warga (AJW) 2022, yang diadakan sebagai ajang apresiasi bagi kerja-kerja jurnalis dan media warga. Dengan mendukung ruang-ruang apresiasi seperti AJW, kami ingin mengangkat beragam cerita dari media-media warga yang terus bekerja menyuarakan isu-isu hangat yang dihadapi oleh komunitasnya, termasuk tentang perkembangan dunia digital yang dampaknya juga mereka rasakan.

Tidak ketinggalan, ada berita tentang bagaimana progres penerapan Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya dan Sistem Informasi Kabupaten (SIKAB). SID Berdaya dan SIKAB merupakan sistem tata kelola data yang dimanfaatkan untuk mengintegrasikan dan memutakhirkan berbagai data di berbagai level, dari desa hingga daerah. Gunungkidul yang merupakan salah satu kabupaten pengguna kedua sistem tata kelola data tersebut, tahun ini mulai memperbaiki kualitas data penyandang disabilitas di daerahnya.

Kami juga akan membagikan Laporan Tahunan 2021 CRI. Ada beberapa kisah tentang program maupun gelaran yang telah atau sedang kami jalankan. Kami juga sedikit berbagi tentang upaya fundraising sebagai srategi keberlanjutan organisasi.

Terakhir, kami merangkum beberapa liputan kegiatan organisasi dan artikel-artikel pilihan lainnya. Misalnya, pada artikel berjudul Dialog Masyarakat Sipil untuk Hadapi Transformasi Digital di Indonesia, kami ingin berbagi cerita tentang upaya sejumlah OMS dalam perumusan Kertas Posisi Masyarakat Sipil, yaitu sebuah dokumen yang merespons transformasi digital yang tengah berlangsung di Indonesia.

Besar atau kecil proses dan dampak yang dihasilkan, bergerak beradaptasi dengan perkembangan zaman adalah keniscayaan.

Salam hangat,

Redaksi Combine

*Anda dapat membaca Newsletter Kombinasi edisi kali ini, melalui tautan berikut,

https://s.id/1Vdfz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *