BERITA

Gandeng CRI, KKN Tematik UKDW Dampingi Pemanfaatan SID di Bantul

Dibaca 1 Menit

Pemerintah Kabupaten Bantul dan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) menggandeng CRI dalam program pendampingan pemanfaatan Sistem Informasi Desa (SID). Dalam program kerjasama tersebut, 6 desa di Kabupaten Bantul akan menjadi desa dampingan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik mahasiswa UKDW pada paruh kedua tahun 2015 ini.

Melalui KKN tematik tersebut, tim mahasiswa diharapkan akan berperan membantu desa mengelola konten informasi desa. Nantinya, informasi-informasi desa, termasuk isu penanggulangan kemiskinan itu akan dikelola dengan SID.

Sebagai persiapan, CRI mendampingi tim mahasiswa UKDW mengunjungi Desa Dlingo, Bantul, (7/9), sebagai salah satu dari 6 desa dampingan program. Pemilihan Desa Dlingo pada pendampingan KKN tematik ini bukannya tanpa alasan. Sejak menerapkan SID tahun 2014 lalu, Dlingo terus mengoptimalisasi pemanfaatan SID untuk memperkenalkan potensi desa khususnya pariwisata.

“Desa Dlingo menjadi rujukan kunjungan karena desa ini telah memanfaatkan SID dengan optimal dan tepat guna. Sorotan utamanya adalah tentang strategi Desa Dlingo mengelola modal sosial desa agar tujuan pembangunan desa dengan dukungan pemanfaatan SID bisa tercapai,” papar Elanto Wijoyono selaku Manajer Divisi Lumbung Komunitas dari CRI.

Sebelumnya, CRI telah membekali tim mahasiswa KKN tematik UKDW mengenai konsep dan arah pemanfaatan SID di Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UKDW, (5/9). Rencananya, pendampingan pemanfaatan SID dalam program KKN tematik UKDW ini akan berlangsung pada 9 September hingga awal November 2015. (Angela/ AS).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.