BERITA

Temanggung Bimbing Teknis SID Secara Mandiri

Dibaca 1 Menit

Tahun 2015 ini, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah telah menggelar Bimbingan Teknis (bimtek) Sistem Informasi Desa (SID) di beberapa kecamatannya secara mandiri. Bimtek SID yang dilaksanakan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Temanggung ini bertujuan untuk melatih para administrator SID dalam mengoperasikan aplikasi SID versi terbaru yakni SID 3.04.

Hingga pertengahan tahun ini, kecamatan-kecamatan yang mendapatkan bimtek SID antara lain Kecamatan Temanggung, Selopampang, Parakan, Bansari, Bulu, dan Gemawang. Rencananya, bimtek ini juga akan dilakukan untuk 120 desa se-Kabupaten Temanggung yang telah menerapkan SID.

Laman resmi Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Temanggung menyebutkan, bimtek SID ini sebagai tindak lanjut dari pengembangan SID yang telah diterapkan di 120 desa se-Kabupaten Temanggung. Pelatihan yang dilakukan selama 2 hari di tiap kecamatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman petugas di tingkat desa tentang fungsi dan tujuan website desa. Harapannya, petugas yang mengelola SID desa dapat melayani masyarakat lebih baik dalam pelayanan surat- menyurat. Pelayanan seperti mencetak surat permohonan dan surat keterangan lainnya dapat dilakukan secara online karena di dalam struktur website SID telah mencakup seluruh database penduduk.

“Bimbingan aplikasi ini supaya petugas administrator dapat mengupdate data dengan mudah seperti data identitas website desa, agenda kegiatan, artikel, profil desa, data wilayah, data dokumentasi kegiatan desa, potensi desa, anggaran desa, program kerja desa, mencetak surat keterangan dan lain-lain,” demikian penjelasan laman resmi Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Temanggung, (seperti diakses 11 Juni 2015).
Sumber: http://dishubkominfo.temanggungkab.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *