BERITA

Training of Trainer Sistem Informasi Desa Kabupaten Gunungkidul

Dibaca 1 Menit
BERITA

Training of Trainer Sistem Informasi Desa Kabupaten Gunungkidul

Dibaca 1 Menit

Combine Resource Institution kembali mengadakan Training of Trainer/ToT (Pelatihan untuk Pelatih) tentang Sistem Informasi Desa (SID) pada 17 – 18 Maret 2015. Pelatihan kali ini diikuti oleh 12 orang perwakilan Forum Desa Pengembang SID Gunungkidul yang berasal dari Desa Nglegi, Nglanggeran, Monggol, Jetis, Mertelu dan Serut.

Proses pengembangan SID di Gunungkidul sampai dengan Maret 2015 sudah mencapai 40 desa. Namun masih perlu ditinjau dan dievaluasi secara periodik. Ini memang menjadi langkah awal mengingat Pemkab Gunungkidul telah mengalokasikan pembiayaan pengembangan SID di seluruh 144 desa di 15 kecamatan melalui APBD 2015. Pemkab Gunungkidul berencana menjadikan SID sebagai instrumen validasi data kemiskinan di wilayahnya.

Berdasarkan rencana tersebut, pelatihan ini bertujuan mempersiapkan anggota Forum Desa Pengembang SID Gunungkidul sebagai mitra pengembang SID di tingkat kabupaten. Kelak para peserta itulah yang akan menjadi motor penerapan SID di desanya secara mandiri. Keterampilan pengelolaan data desa dan jurnalisme warga baik konsep maupun teknis yang didapat melalui pelatihan diharapkan dapat ditularkan pada anggota tim lain di desanya.

Pelatihan ini merupakan bagian dari fase keempat pengembangan SID di Gunungkidul sesuai perencanaan di APBD 2015 Gunungkidul. Fase ini sekaligus menjadi model kemitraan CRI dengan pemerintah daerah dalam pengembangan SID sebagaimana amanat UU No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *