MAJALAH KOMBINASI

Edisi 49 : Berbagi, Berdaya, Berdaulat dalam Temu Media Komunitas

Dibaca 1 Menit

Pertengahan Juni 2013 lalu, digelar pertemuan para petinggi media massa profit dengan nama Forum Pemred. Banyak pro dan kontra berkepanjangan mengenai acara tersebut. Yang jelas, aroma politik praktis memang tercium kuat, baik dilihat dari waktu pelaksanaannya yang menjelang Pemilu 2014 maupun kehadiran pejabat negara.

Sama-sama dihelat di Bali, medio Oktober 2013 juga terjadi pertemuan yang terkait dengan media bernama Temu Media Komunitas (Temu Medkom). Tapi situasinya ibarat bumi dan langit. Forum Pemred bergelimangan kemewahan fasilitas dan digelar di Nusa Dua nan elit. Sementara para pegiat media komunitas di Temu Medkom berjumpa dalam kesederhanaan di belasan tenda yang digelar di Pusat Konservasi Penyu di Pulau Serangan. Bila di Nusa Dua terjadi berbagai lobi, maka di Pulau Serangan mereka saling berbagi.

Dua kegiatan itu telah menunjukkan perbedaan sesungguhnya medan perjuangan dan kepentingan meda komunitas dan media arus utama. Kekuatan modal di media profit memudahkan mereka melakukan apa saja termasuk untuk mengakses perkembangan pengetahuan terbaru. Sementara senjata pegiat media komunitas untuk peningkatan kapasitas diri adalah dengan saling berbagi dan berjejaring.

Meneruskan semangat berbagi itulah, kami berusaha menyajikan olahan materi selama Temu Medkom 2013 di edisi ini. Beragam keterbatasan yang ada membuat acara tersebut memang tidak bisa diikuti banyak media komunitas secara fisik.Namun harapannya pengetahuannya terbagi ke semua media komunitas di seluruh pelosok negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.