BERITA

CRI Gelar Pelatihan Radio Komunitas di Rembang

Dibaca 1 Menit

Combine Resource Institution (CRI) menggelar pelatihan radio komunitas di Desa Timbrangan, Gunem, Rembang Jawa Tengah Jumat (26/9) sampai Minggu (28/9). Pelatihan ini diikuti oleh warga yang saat ini sedang berjuang untuk menolak rencana penambangan semen di wilayah mereka.

Dalam pelatihan ini, warga diajak untuk mengenal media komunitas khususnya radio komunitas dan dasar-dasar jurnalistik. Melalui pelatihan ini, mereka diharapkan bisa menggunakan media untuk mengangkat berbagai persoalan yang ada di wilayah mereka. “Saat ini warga dengan kesadaran mereka sendiri berupaya mempertahankan kelestarian Pegunungan Kendeng dari rencana penambangan karst untuk pabrik semen. Media komunitas bisa menjadi salah satu alat untuk mendukung upaya tersebut,” tutur Idha Saraswati, fasilitator pelatihan dari Combine.

Seperti telah diberitakan di berbagai media, warga Rembang yang tinggal di sekitar kawasan pegunungan Kendeng telah bertahan tidur di tenda yang mereka sebut sebagai tenda perjuangan selama lebih dari 100 hari. Tenda tersebut didirikan di pinggir jalan masuk ke kawasan yang akan menjadi pabrik semen. Sebagian besar penunggu tenda adalah kaum perempuan. Hal ini mereka lakukan untuk menuntut PT Semen Indonesia mengeluarkan alat berat dari kawasan yang akan dijadikan pabrik. Mereka juga menuntut agar ijin lingkungan bagi PT Semen Indonesia dicabut.

Pelatihan mengenai radio komunitas ini diadakan karena radio komunitas dipandang menjadi media yang tepat untuk diterakpan di wilayah Desa Timbrangan dan sekitarnya yang berada di pegunungan. Melalui pelatihan ini, warga diharapkan bisa membangun dan mengelola sendiri radio komunitasnya. Dengan adanya radio tersebut, warga bisa memiliki wadah untuk mengolah berbagai informasi baik untuk disiarkan di radio, maupun disebarkan melalui media berbasis internet, dan media sosial, sehingga upaya mereka menyelamatkan lingkungan dari pabrik semen bisa disebarkan ke wilayah yang lebih luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *