TERBITAN CRI

Media Sosial : Masa Depan Media Komunitas ?

Dibaca 1 Menit

Media komunitas sesungguhnya menyediakan pe­luang bagi masyarakat untuk mendapatkan akses informasi yang lebih seimbang di tengah terpaan me­dia arus utama yang kental nuansa kapital dan ke­ku­asaan politik. Namun kehadiran media ko­mu­nitas justru belum mendapat perhatian yang layak.

Berbekal semangat kerelewanan, para pegiat me­dia komunitas rupanya tidak sekadar duduk diam me­nyesali buruknya “nasib”. Mereka menyiasati be­ra­gam keterbatasan itu, antara lain dengan memanfaatkan me­dia sosial. Media sosial dinilai menjadi strategi yang paling mu­rah sekaligus ampuh untuk memperluas isu yang diangkat media ko­mu­nitas. Gaung yang lebih besar diharapkan berdampak pada me­lu­asnya dukungan terhadap upaya advokasi terkait per­ma­sa­lahan yang dialami komunitas.

Buku ini berisi paparan pengalaman langsung dari para pegiat me­dia komunitas dalam memanfaatkan media sosial. Tulisan yang terangkum dalam buku ini menunjukkan bahwa media ko­mu­ni­tas mampu bertahan bahkan berkembang di tengah pem­ ba­tas­an dan tekanan yang dialami. Dan semua dilakukan de­ngan semangat kerelawanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *