LAPORAN TAHUNAN

Laporan Tahunan 2013

Dibaca 1 Menit

Membanjirnya informasi yang bisa dikonsumsi hari ini tidak serta merta membuat masyara­kat kita menjadi cerdas. Kegamangan ma­lah terjadi karena berbagai informasi tersebut lebih ba­nyak yang tidak dibutuhkan. Informasi yang dibu­tuh­kan adalah informasi yang dapat mengurai per­ma­sa­lah­an dan membimbing pada tindakan yang tepat. Sehingga perubahan akan terjadi saat komunitas cerdas tidak hanya dalam mengakses informasi, namun juga memproses dan mengevaluasinya. Pada tingkat itulah informasi akan menjadi pengetahuan yang dapat digunakan untuk memecahkan persoalan warga.

Tahun 2013 adalah momentum kami memeriksa kembali perubahan seperti apa yang sesungguhnya kami ingin coba dorong. Sambil bergiat bersama komunitas, sekaligus membangun jejaring bersama masyarakat sipil dan pemerintah daerah, COMBINE secara internal merefleksikan rencana strategis dalam tiga tahun ke depan. Adakah kami berada di jalan yang benar, dan tidak hanya jalan yang baik? Pertanyaan itu terus yang kami ulang-ulang. Jawabannya tentu tidak serta-merta, namun hasil periksa tersebut diwujdkan dalam penguatan struktur organisasi yang menaungi pengetahuan. Pertimbang­annya sederhana, pembacaan dan analisis situasi harus dilakukan secara sistematis dan terus-menerus, dan karena itu keterampilan untuk merekam data, baik melalui teks, audio, video dan infografis adalah modal untuk menentukan langkah strategis. Bagi kami, masyarakat sipil harus lebih unggul membaca data agar syarat untuk bersenyawa dengan kelompok-kelompok masyarakat lain dan pemerintah dapat terpenuhi.

Laporan tahunan ini disajikan sebagai alat kami untuk diperiksa oleh seluruh kalangan. Tidak hanya tentang bagaimana kami menggunakan dana dari berba­gai pihak, namun juga apakah substansi kami sudah mendekati yang dibutuhkan oleh publik sasaran, yaitu kelompok marjinal. Harapannya kami dapat memper­oleh saran dan masukan setelahnya, sehingga kami yakin semua yang kami lakukan berguna. 

Laporan-Tahunan-2013.compressed

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.