BERITA

Osaka Kokuritsu Daigaku Bertukar Pikiran tentang PB

Dibaca 1 Menit
BERITA

Osaka Kokuritsu Daigaku Bertukar Pikiran tentang PB

Dibaca 1 Menit

Sensei Osaka Kokuritsu Daigaku, Profesor Stefano Tsukamoto melalui Institute of International Studies UGM melakukan kunjungan ke Combine Resource Institution (CRI), Rabu, 3 Juli 2013 dalam rangka bertukar informasi metode penanggulangan bencana yang dilakukan Indonesia dan Jepang.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Manajer Tikus Darat, Mart Widarto, Koordinator Program Advokasi Bencana Tri Budiono, dan Fasilitator Bencana Toto Hartanto. Pertemuan ini juga dihadiri Junichi dan Mari Kondo dari Radio FM YY Kobe Jepang.

Pertemuan ini menjadi sebuah ajang bertukar pikiran tentang metode penanggulangan bencana yang dilakukan di Indonesia dan Jepang. Banyak proses alami yang menjadi penanda manajemen bencana di Indonesia yang akan memberikan catatan penting dalam menggali berbagai metode bencana. Pola mobilisasi komunitas menjadi berharga, dalam menanggulangi bencana berupa kesukarelaan: makanan bungkus, relawan, penggunaan radio komunitas, twitter,HT, dan alat tradisional lainnya.

Sedangkan Jepang menceritakan tentang berbagai teknik sederhana untuk penandaan berbagai lokasi bencana dengan simbol hijau, kuning, dan merah. Juga berbagai teknik pengiriman SMS untuk menandakan status penderita gempa: luka, tertimbun, dan sebagainya. Demikian pula peran nonpemerintah yang makin besar dalam penanggulangan bencana.

Sebagai negara yang berada pada cincin api, Indonesia dan Jepang perlu memperkuat saling-berbagi-pengetahuan tentang bencana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *