BERITA

COMBINE Meriahkan SocMedFest 2011

Dibaca 2 Menit

COMBINE Resource Institution, sebagai lembaga yang mengoptimalkan penggunaan beragam  lini media dalam implementasi programnya, pada tanggal 22-24 September 2011 berpartisipasi dalam “Social Media Festival (SocMedFest) 2011” yang digelar oleh SalingSilang.com.

Mengambil tempat di sebuah mal, yaitu FX Sudirman Mal di Jakarta, ratusan komunitas yang juga menggunakan jejaring sosial media terlibat dalam acara ini. Dalam acara ini pun, cukup banyak acara berbagi dalam format talkshow, workshop, presentasi, diantara setiap komunitas. COMBINE Resource Institution mengedepankan program JALIN Merapi dan @suarakomunitas untuk dipromosikan dalam acara ini. Disamping untuk mempromosikan program, ajang ini juga sangat penting untuk mengembangkan jejaring dan tukar pengalaman.

Hampir sebagian besar partisipan berasal dari Jakarta. Kita dapat menemui beragam ide dan program yang digagas oleh komunitas anak muda, seperti @Berburu yang berasal dari singkatan Berbudaya Itu Seru! Mereka adalah kumpulan relawan anak muda yang memiliki program ke berbagai sekolah untuk sosialisasi warisan budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Ada juga gerakan yang mendorong ide-ide nasionalisme terhadap negara yaitu @PedemuNegeri yang digagas oleh anak muda. Mereka punya satu portal dimana siapapun bisa mengunggah musik, film, tulisan, mengenai kebanggaan terhadap Indonesia. Juga ada @desasejahtera yang aktif mempromosikan persoalan pangan di Indonesia. Mirip seperti program Pasar Komunitas, mereka juga mengemas produk-produk desa untuk dijual ke masyarakat kelas menengah kota.

Beberapa yang cukup potensial untuk diajak kerjasama adalah @desasejahtera untuk pasar komunitas di konteks pengembangan ekonomi tingkat desa. Di samping itu juga bisa dikaitkan dengan Lumbung Komunitas, karena mereka juga mempunyai program pemetaan sumber daya desa. Sementara untuk @suarakomunitas, maka menarik jika bekerjasama dengan Good News Indonesia dalam konteks pertukaran konten.

Di samping berupaya mengembangkan jaringan, COMBINE Resource Institution juga diberikan peluang untuk presentasi JALIN Merapi sebagai sebuah kasus pengembangan sistem informasi untuk pengurangan resiko bencana.Akhad Nasir melakukan presentasi ini pada tanggal 24 September 2011 di Main Stage. Selain itu, Suara Komunitas juga ikut sharing pemanfaatan internet pada level desa di ajang “Obrolan soal Etika Online” bersama Internet Sehat. Yossy Suparyo sebagai pemimpin redaksi Suara Komunitas hadir untuk berbagi cerita mengenai kasus-kasus yang dihadapi oleh para pewarta warga. Forum ini sangat meriah, karena narasumbernya adalah para artis seperti Iphank Dewe dan Vidi Aldiano. Sharing pemanfaatan di level pedesaan dan perkotaan ini sangat menarik. Oleh karena bagi warga kota, tidak terbayangkan betapa sulitnya memperoleh akses internet, dan resiko pewarta warga dalam melakukan pemberitaan. Kasus yang diungkap oleh Yossy Suparyo rupanya cukup menarik sehingga setelah itu Metro TV mewawancarai @Suarakomunitas.

Cukup banyak manfaat yang bisa dipetik selama mengikuti SocMedFest. Program Suara Komunitas bisa melebarkan jejaringnya, Unit Komunikasi bisa belajar mengenai strategi kampanye dari komunitas online seperti AIMI-ASI, Milis Sehat, dan lain-lain.Tindak lanjutnya adalah memelihara “teman” baru, memindahkan pengetahuan yang di dapat ke dalam program lembaga. Intinya lebih gaul akan lebih maju. (Ade Tanesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *