BERITA

Penyusunan Buku Pemantauan Kebijakan Publik Lewat Radio Komunitas

Dibaca 1 Menit
BERITA

Penyusunan Buku Pemantauan Kebijakan Publik Lewat Radio Komunitas

Dibaca 1 Menit

COMBINE Resource Institution dan Jaringan Radio Komunitas (Jarik) Wilayah III Cirebon tengah menyusun buku pemantauan kebijakan publik melalui radio komunitas. Buku ini berisi pengalaman-pengalaman radio komunitas di bekas wilayah Karisidenan Cirebon, meliputi Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Majalengka, Indramayu, dan Kuningan yang telah melakukan pemantauan program proteksi sosial di daerahnya.

Kerjasama penyusunan buku diawali dengan pengumpulan bahan-bahan kerja dan pendukung melalui fasilitas Google Docs. Setelah itu pada 11-12 Juli 2011, Koordinator Manajemen Pengatahuan CRI (Yossy Suparyo) dan tim penulis Jarik Cirebon (Ahmad Rofahan, Moh. Ilham, dan Sobih Ahmad) melakukan workshop penyuntingan. Kegiatan ini lakukan di Hotel Cordova, Jalan Siliwangi, Cirebon.

Menurut Rofahan, penyusunan buku merupakan pengalaman baru bagi organisasinya. Jarik Cirebon telah melakukan banyak kegiatan, tapi masih sedikit kegiatan yang didorong menjadi sebuah pengetahuan organisasi. Pada waktu yang akan datang, Jarik Cirebon akan mendorong adanya dukungan pengelolaan pengetahuan di lembaganya.

“Tak banyak dokumen yang mengupas tentang pelajaran apa yang didapatkan organisasi ketika melakukan kerja perubahan sosial. Setiap ada kerja baru,  sebagian besar juga melalui perencanaan baru. Bila ada dokumen pendukungnya, tentu kerja bisa dilakukan secara lebih efisien,” jelas Rofahan.

Sementara itu, Yossy Suparyo (33) mengatakan kerja pengelolaan pengetahuan bisa menjadi kekuatan baru bagi organisasi masyarakat sipil. Kini, persoalan kaderisasi dan mutu sumber daya manusia selalu menjadi kendala organisasi sosial. Pengelolaan pengetahuan akan mendukung pengembangan mutu para pegiat organisasi maupun kinera organisasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.