BERITA

Perkawinan Wikipedia dan Radio Komunitas

Dibaca 1 Menit

Perkawinan Wikipedia dan radio komunitas berawal dari pemikiran untuk membumikan segudang pengetahuan yang berada di Wikipedia Indonesia. Begitu banyak informasi yang tersimpan di Wikipedia dan seharusnya dapat disebarkan ke masyarakat luas. Namun oleh karena masih sulitnya akses internet di lingkungan pedesaan dan kota-kota kecil, maka dibutuhkan suatu media lain yang dapat menjembatani penyebaran pengetahuan tersebut. Dalam konteks inilah,  COMBINE Resource Institution berusaha memperluas akses itu melalui program siaran Wikipedia di radio komunitas.

Selain memperluas akses, program ini bertujuan untuk membumikan pengetahuan. Program siaran akan dibuat dalam bahasa daerah sehingga warga mudah memahami isinya. Pada tahap ujicoba,  CRI telah melakukan kerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Cilacap di Yogyakarta (HIMACITA) untuk program siaran berbahasa Banyumas, Keluarga Pelajar dan Mahasiswa (KPM) Jawa Barat untuk program siaran berbahasa Sunda.
Kini, Wikipedia telah memanfaatkan bahasa daerah sebagai bahasa pengantar ilmu pengatahuan. Ada Wikipedia yang berbahasa Banjar, Jawa, Aceh, Banyumas, dan Sunda. Pemanfaatan bahasa daerah menyebabkan ilmu pengetahuan akan semakin dekat dengan masyarakat kebanyakan. Kegiatan konvergensi ini mencoba menghadirkan ilmu pengetahuan di telinga pendengar radio komunitas di pelosok-pelosok desa yang masih sulit memperoleh akses internet.

Ada tiga mitra utama dalam pengembangan program perkawinan wikipedia dan radio komunitas, yaitu wikimedia Indonesia, radio komunitas, dan organisasi mahasiswa daerah di Yogyakarta.

Wikimedia Indonesia adalah pengelola Wikipedia di Indonesia. COMBINE Resource Institution melakukan kolaborasi dengan Wikimedia Indonesia. Radio komunitas merupakan mitra utama dalam program ini. Produk-produk ilmu pengetahuan dalam bahasa daerah yang dibuat oleh organisasi mahasiswa daerah disebarluaskan lewat radio komunitas.

Dalam program ini, tahapan yang telah dilakukan adalah pelatihan, produksi audio untuk bahasa sunda, banyumas, dan lombok. Namun tahap penyiaran konten wikipedia oleh radio komunitas belum terlaksana. Kemudian pada bulan April telah diadakan pertemuan kembali dengan para organisasi mahasiswa daerah dari Jawa Barat, Cilacap, dan Radio Komunitas di DIY yang tergabung dalam SIAR. Dalam pertemuan ini dibahas soal target baru program dimana masing-masing daerah harus menghasilkan 20 konten audio selama kurun waktu 2 bulan.

Setelah melewati proses pemilihan konten, rekaman pembacaan konten oleh mahasiswa daerah, dan mixing serta editing maka kini ada  80 konten audio yang siap disiarkan di daerah Jawa Barat, Lombok, DIY, dan Cilacap. (Ade Tanesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.