BERITA

COMBINE Gelar Rapat Kerja 2011

Dibaca 1 Menit

COMBINE Resource Institution (CRI) saat ini telah memasuki tahun ke-10. Dari waktu ke waktu selalu mencoba untuk menyesuaikan diri dengan perubahan situasi internal maupun eksternal lembaga.

Struktur organisasi CRI pun mengalami pembenahan, dengan formasi empat unit; Unit Pelaksana Program, Unit Pendukung Program, Unit Strategis, dan Unit Sekretariat. Masing-masing bagian dalam tubuh organisasi CRI bersifat saling tergantung (interdependent). Masing-masing unit telah menyusun rencana program. Namun rencana masing-masing unit perlu dirumuskan menjadi program bersama yang bersifat utuh. Program yang telah direncanakan akan berjalan dengan baik jika didukung oleh manajemen organisasi yang memadai.

Untuk mewujudkan poin-poin diatas, maka pada tanggal 22-23 Februari CRI mengadakan rapat kerja periode 2011 di Hotel Brongto, Jl. Suryadiningrat, Yogyakarta. Hadir dalam rapat ini Delima Kiswanti sebagai salah satu board CRI, Didi Sugandi sebagai pendiri CRI, dan Dodo Juliman sebagai pendiri sekaligus Direktur CRI.

Dodo Juliman menegaskan bahwa COMBINE Resource Institution harus mampu menghadapi perubahan yang begitu cepat terjadi di negara maupun dunia. Bahwa saat ini masyarakat dunia semakin menjadi masyarakat informasi (in the making of information society) sehingga lembaga perlu mengeksplorasi model pengembangan masyarakat jejaring yang mampu memecahkan berbagai persoalan yang kini sedang dihadapi oleh masyarakat.  Sebagai contoh bagaimana masyarakat jejaring juga dapat menciptakan ekonomi jejaring yang lebih adil.

Secara singkat digariskan bahwa seluruh platform program COMBINE mengacu pada tujuan besar tertentu. Pasar Komunitas bertujuan untuk kesejahteraan rakyat, Suara Komunitas untuk mendorong kebebasan dalam menyampaikan pendapat, TIKUS DARAT yang fokus pada sistem informasi dan komunikasi kebencanaan memiliki tujuan keselamatan, dan Lumbung Komunitas mendorong terjadinya kemandirian pada program. Inilah 4 khaidah yang akan dijalankan oleh CRI melalui program-programnya. Berdasarkan program inilah maka implementator program menerjemahkannya dalam sebuah rancangan kerja di tahun 2011.

Adapun hal yang baru pada strategi lembaga di tahun 2011 ialah mulai dikembangkannya unit strategis. Unit ini akan melakukan riset, pengembangan model di satu wilayah, serta bekerjasama dengan pemerintah terkait untuk melakukan ujicoba model yang nantinya bisa diterapkan atau menjadi kebijakan yang mampu  memberikan solusi pada masyarakat. Di tahun 2011, COMBINE juga ingin mengembangkan strategi jaringan dan komunikasi yang lebih tertata. Dengan adanya penguatan visi, penajaman rancangan kerja, maka diharapkan tim COMBINE dapat lebih berperan dalam kehidupan masyarakat. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.