LAPORAN TAHUNAN

Laporan Tahunan 2010

Dibaca 1 Menit

Pada akhir tahun 2010, tanpa terasa COMBINE Resource Institution (CRI) telah menjalankan perannya selama sepuluh tahun. Bersama jejaring komunitas akar rumput dan pegiat media komunitas selama kurun waktu tersebut COMBINE berupaya meletakkan batu penjuru dan beberapa bagian bangunan masyarakat informasi yang terbuka, saling menghargai dan produktif. Bangunan tersebut memang belum rampung, namun COMBINE dan jejaring mitra kerjanya bertekad untuk terus menyempurnakannya dari waktu ke waktu.

Selain menyajikan kilas balik perjalanan COMBINE , Laporan Tahunan (Annual Report) 2010 ini menyajikan liputan kegiatan dan hasil yang dicapai oleh empat program COMBINE (Suara Komunitas, Pasar Komunitas, Tikus Darat dan Lumbung Komunitas), serta sebuah perhelatan yang melibatkan jejaring CRI dari berbagai kalangan yang dinamai “Jagongan Media Rakyat”. Kelima kegiatan tersebut cukup menyita waktu mengingat masing-masing kegiatan tersebut melibatkan banyak pihak.

Suara Komunitas berkaitan dengan penguatan jejaring kontributor media komunitas dalam penulisan berita dan opini. Pasar Komunitas merupakan program perkuatan ekonomi lokal melalui investasi pedesaan dan promosi produk-produk lokal. Tikus Darat merupakan penyiapan komunitas siaga bencana dan penyiapan tim informasi dan komunikasi untuk keadaan darurat. Lumbung Komunitas mengembangkan basis data dan manajemen informasi sumber daya komunitas di tingkat desa dan wilayah yang lebih luas. Jagongan Media Rakyat menjadi forum belajar bersama melalui pertukaran informasi dan pengetahuan antarpihak yang terlibat dalam pengembangan jejaring media rakyat dalam berbagai ragam bentuk, teknologi dan muatan informasinya.

Dua kegiatan, satu berkaitan dengan Tikus Darat dan yang lain berkaitan dengan Suara Komunitas telah dipilih sebagai wakil terapan unggulan program yang didukung Hivos di Asia Tenggara. Mudah-mudahan ini bisa menjadi pemacu semangat bagi segenap pihak yang telah bekerja keras untuk memberikan yang terbaik dalam pengabdiannya bagi masyarakat pinggiran, yang masih belum banyak tersentuh oleh perhatian dan uluran tangan para penyelenggara urusan publik.

Tentu masih banyak kekurangan yang terdapat dalam penulisan maupun substansi kegiatan yang disajikan dalam laporan ini. Untuk itu, dengan kerendahan hati kami mengharap kemurahan hati para pembaca sekalian untuk bersedia memberi berbagai masukan yang berharga untuk dapat menyempurnakannya.

Annual-Report-2010

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.