BERITA

Gerakan Lingkungan Perlu Kembangkan Media Komunitas

Dibaca 1 Menit
BERITA

Gerakan Lingkungan Perlu Kembangkan Media Komunitas

Dibaca 1 Menit

Gerakan lingkungan perlu mengembangkan media komunitas untuk menyebarluaskan pengetahuan dan informasi pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan pada warga. Isu lingkungan sebenarnya sangat dekat dengan warga, namun kebijakan dan pengelolaan lingkungan belum menjadi isu penting dalam gerakan masyarakat akar rumput.

Demikian refleksi yang disampaikan oleh Moira Moeliono, pegiat Center for International Forestry Research dan Martua Sirait, pegiat The World Agroforestry Centre (Icraf) dalam pertemuan mitra lingkungan Ford Foundation pada 26-30 Juli 2010 di Kaliandra, Dusun Gamoh, Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen, Pandaan, Pasuruan. Kegiatan ini diikuti oleh 38 orang mitra Ford dari lembaga swadaya masyarakat, lembaga penelitian, perguruan tinggi, dan masyarakat adat.

Menurut Moira Moeliono, penanganan masalah lingkungan tidak bisa dilepaskan dari kebutuhan mendasar warga seperti akses kesehatan, pendidikan, mata pencaharian, dan budaya. Karenanya, pegiat lingkungan harus luwes memilih metode pendekatan yang digunakan. Untuk menyebarluaskan isu lingkungan bisa melalui isu kesehatan, pendidikan, maupun ekonomi.

Sementara itu, Martua Sirait berpendapat para pegiat lingkungan tengah berhadapan dengan situasi yang semakin rumit, ada masalah kebijakan pemerintah, pengukuran, referensi, keadilan, dan nilai tambah perubahan tutupan lahan. Kelima isu tersebut harus dikelola dengan secara sinergis supaya mendukung gerakan pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan.

COMBINE Resource Institution (CRI) terlibat dalam kegiatan itu untuk memberikan masukan pemanfaatan media komunitas untuk penyebarluasan isu lingkungan pada warga. Yossy Suparyo, Staf Manajemen Pengetahuan CRI, menyampaikan topik Akses Teknologi dan Penelitian Lingkungan yang berisi perkawinan jaringan kerja pegiat media dan isu lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.