BERITA

Refleksi Latih Kepekaan Diri

Dibaca 1 Menit

Idaman AndarmosokoRefleksi adalah kemampuan dan kepekaan untuk menangkap makna dari kehidupan sekitar. Refleksi menyangkut proses yang terjadi di dalam diri seseorang untuk memaknai tindakannya. Refleksi tidak menjawab pertanyaan-pertanyaan yang lugas dan kongkrit layaknya menjawab lembar pertanyaan.

Demikian pendapat Idaman Andarmosoko, pakar Manajemen Pengetahuan, pada kegiatan refleksi dan temu keluarga Combine Resource Institution (CRI) di Puri Asri, Jalan Cempaka 9, Magelang. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dari 21-22 Desember 2009 dan melibatkan keluarga para pegiat CRI.

Menurutnya Idaman refleksi yang baik akan mendorong seseorang semakin peka terhadap hal-hal kecil yang dipantulkan dari kegiatan rutinitas.

Dalam acara tersebut seluruh pegiat CRI membuat pertanyaan terhadap diri sendiri tentang apa kegiatan, bagaimana cara mengerjakannya, bagaimana capaian kerjanya, dan mengapa mereka mengerjakan itu. Setelah itu, mereka memaknai pekerjaan itu bagi individu, organisasi, dan komunitas.

Sebagian besar pegiat CRI berpandangan pekerjaan yang dilakukan mendorong mereka rajin belajar, pengembangan diri, dan mencapai tujuan hidupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.