BERITA

Korban Lumpur Rancang Konvergensi Media Komunitas

Dibaca 1 Menit

Empat media komunitas yang dikelola oleh para korban lumpur Lapindo sepakat melakukan kerjasama pertukaran informasi. Lewat portal suarakomunitas.net Radio Suara Porong, Kanal News Room, Sanggar Al-Faz, dan Kopi Permisan akan saling berbagi. Inilah praktek konvergensi media ala komunitas.

Combine Resource Institution (CRI) menjembatani keempat media komunitas tersebut untuk saling memperkuat diri. Pelatihan konvergensi media yang diselenggarakan 17-18 Oktober 2009 di Radio Suara Porong mendapat sambutan bagi para pegiat media komunitas di atas. Mereka bekerjasama membuat tiga bentuk informasi, yaitu teks, audio, dan video.

Radio Suara Porong (RSP) adalah media komunitas berbasis radio. Mereka melakukan siaran dari selama 18 jam per hari. Selain di siaran lewat radio, RSP juga menuliskan informasinya melalui portal. Informasi-informasi yang ditulis oleh lembaga lain di suarakomunitas juga menjadi materi siaran mereka.

Kanal News Room menerbitkan buletin, mengelola portal, dan membuat berita kisah audio. Kanal membagi berita kisah mereka ke Radio Suara Porong dan diunggah di portal mereka korbanlumpur.info. Melalui program belajar bersama kerjasama di antara mereka semakin kuat.

Sanggar Al-Faz dan Kopi Permisan adalah dua media komunitas di Kecamatan Jabon. Al-Faz mengelola perpustakaan, pendistribusikan buletin Kanal, dan membuat liputan-liputan yang disebarluaskan lewat portal dan blog. Kopi Permisan membuat film-film dokumenter kampung-kampung korban lumpur Lapindo. (Yossy Suparyo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.