BERITA

Workshop PNPM di Medan

Dibaca 1 Menit
BERITA

Workshop PNPM di Medan

Dibaca 1 Menit

COMBINE Resource Institution (CRI) Yogyakarta menggelar lokakarya Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri di Garuda Plaza Hotel Medan, Senin (14/9). Lokakarya ini merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan Program Akuntabilitas dan Transparansi PNPM Mandiri yang melibatkan Radio Komunitas di enam Provinsi di Indonesia yakni Sumatera Utara, Nanggro Aceh Darussalam, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Barat.

Lokakarya yang berlangsung di Medan menghadirkan narasumber Ketua Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (Bapemmas dan Pemdes) Provinsi Sumatera Utara, Rusli Abdullah selaku Satuan Kerja PNPM Perdesaan dan Surya Dharma sebagai Koordinator Provinsi program tersebut.

Dalam kesempatan itu, Rusli Abdullah mengatakan, PNPM merupakan program untuk membangun sebuah sistem pemberdayaan masyarakat untuk pengentasan kemiskinan yang langsung melibatkan masyarakat, pemerintah, lembaga masyarakat serta lembaga-lembaga lainnya sehingga kegiatan ini sangat didukung agar PNPM berjalan dengan baik.

Prinsip yang diusung progam PNPM adalah akuntabilitas dan transparansi sejalan pula dengan prinsip pemberdayaan masyarakat selaku fokus kerja lembaganya. Keterlibatan radio komunitas untuk PNPM ini diharapkan menjadi sebuah media untuk menyampaikan informasi yang sebenarnya kepada masyarakat.

Sementara, Fasilitator Provinsi Program Akuntabilitas dan Transparansi PNPM Mandiri, Muhammad Hidayat, mengatakan, selain mensosialisakan program-program PNPM, radio komunitas yang terlibat dalam kegiatan ini akan menjadi mediator bagi masyarakat untuk mengetahui pelaksanaan PNPM yang dilakukan oleh masyarakat.

Ditambahkannya, lokakarya ini akan berlanjut dengan ditetapkannya 7 Radio Komunitas untuk program intensif dan 9 Radio Komuitas untuk program regular, yang terdiri dari pemutaran Iklan Layanan Masyarakat (ILM), Dialog, Siaran Berita, Penerbitan Buletin, Produksi dan Penyiaran ILM. Program ini akan berjalan selama enam bulan.

Di Provinsi Sumatera Utara, lanjutnya, ke-16 radio komunitas yang dilibatkan dalam program PNPM tersebar di 10 kabupaten/kota yaitu Medan, Deliserdang, Serdang Bedagai, Langkat, Karo, Pematang Siantar, Simalungun, Tapanuli Tengah, Samosir, Tapanuli Utara.

Ketua Jarkomsu Tohap P.Simamora yang juga menjadi narasumber dalam workshop mengakui keberadaan Jarkomsu bersama Radio Komunitas anggotanya sangat strategis untuk mensosialisasikan program PNPM maupun program pemerintah lainnya.

Hidayat mengatakan, program Akuntabilitas dan Transparansi PNPM yang dilaksanakan Radio Komunitas mendapat dukungan sepenuhnya dari Departemen Komunikasi dan Informasi (Depkominfo) dengan terbitnya surat permohonan kerjasama yang dikeluarkan Dirjen SKDI Depkominfo yang ditujukan kepada seluruh radio komunitas di 6 provinsi, termasuk 17 Radio Komunitas anggota Jarkomsu. (YS, BH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.