BERITA

SIAR Bangkit Sebarkan Informasi Warga

Dibaca 1 Menit

Saluran Informasi Akar Rumput (SIAR) bangkit akan kembali setelah delapan bulan mengalami kemandegan. Tampilan situs mereka diganti dengan gaya tidak seformal sebelumnya. Mereka pun menambah amunisi jaringan dengan menambah anggota baru.

Tampilan Portal Siar yang terkini lebih elegan dan ringan

Demikian hasil pertemuan SIAR wilayah Provinsi Yogyakarta di Rumah Makan Mataram, Jalan Wonosari (14/5), Berbah, Sleman. Pertemuan ini dihadiri oleh anggota-anggota jaringan SIAR, seperi Radio Balai Budaya Minomartani (BBM FM), Radio Angkringan Timbulharjo, Radio Suara Malioboro, Radio Panagati Terban, dan lain-lainnya.

Menurut Sarwono, Koordinator Program SIAR, pertemuan tersebut dilakukan untuk mengumpulkan jaringan SIAR setelah delapan bulan mandeg. Kemandegan SIAR terjadi karena server SIAR mengalami kerusakan dan lambatnya generasi penerus di beberapa radio komunitas. Namun, setelah hadirnya anggota-anggota baru, SIAR akan kembali menyebarkan informasi warga kepada publik.

Sementara itu, Budi Hermanto, pakar media komunitas, yang hadir pada pertemuan itu mendorong para pegiat radio komunitas untuk terus menggali dan mengembangkan potensi sukarelawan. Menurutnya, sukarelawan adalah modal radio komunitas yang tidak dimiliki oleh radio niaga atau publik. Apabila radio komunitas mengabaikan sukarelawan maka ibarat bunuh diri, karena ruhnya telah hilang. Acara masih terus berlangsung saat berita ini diturunkan (Yossy Suparyo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.