BERITA

Perempuan Melek Komputer

Dibaca 1 Menit

“Mas piye carane nggoleki peternak bebek sing sukses,” (mas bagaimana cara mencari informasi peternak bebek yang sukses) tanya Martini pada fasilitator COMBINE Resource Institution (CRI), Mart Widarto. Secara perlahan Mart menerangkan cara-cara penelusuran informasi dengan teknologi internet.

Fasilitator CRI tengah menerangkan Perangkat Lunak Ubuntu

Demikian gambaran pelatihan pemanfaatan teknologi komputer yang dilakukan CRI pada para penggerak Jaringan Perempuan Usaha Kecil (18/6/2009). Martini adalah salah satu peserta pelatihan yang tengah mempelajari dasar internet seperti penjelajah internet (web browser), mesin pencari (search engine), dan penggunaan surat elektronik (e-mail) untuk melakukan korespondensi.

Pegiat perempuan tengah berlatih menggunakan teknologi internet

Sistem operasi yang dipergunakan dalam pelatihan komputer adalah Ubuntu, salah satu perangkat lunak bebas dan sumber terbuka. Menurut Koordinator Program, Kiswiradat, penggunaan Ubuntu akan memutus ketergantungan peserta pada perangkat lunak berbayar dan mencegah tindakan pembajakan perangkat lunak.

Pelatihan ini dilakukan rutin tiap Kamis. Pertemuan selanjutnya akan akan mengulas pemanfaatan komputer untuk kebutuhan penghitungan dan pembuatan tabel. (Mart dan Yossy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.