BERITA

Dua Fasilitator Radio Komunitas Siap Bertugas

Dibaca 1 Menit
BERITA

Dua Fasilitator Radio Komunitas Siap Bertugas

Dibaca 1 Menit

Menyinergikan Telecenter dan Radio Komunitas di Lereng Semeru

Dua orang fasilitator dari COMBINE Resource Institution (CRI) selama bulan September hingga Oktober 2008 ini akan berada di Telecenter Semeru, Pasrujambe, Lumajang, Jawa Timur. Mereka akan membantu mengelola program optimalisasi radio komunitas yang ada di Telecenter Semeru untuk kepentingan pemberdayaan masyarakat. Radio komunitas di telecenter itu sendiri sudah berdiri sejak tahun 2007 lalu sebagai keluaran dari proses pelatihan yang difasilitasi oleh CRI.

Namun, ada beberapa kendala yang menyebabkan kegiatan radio komunitas di lereng Semeru itu belum bisa berlangsung maksimal. Dalam jadwal, radio itu bersiaran pada pukul 08.00 – 12.00 dan dilanjutkan pada malam hari pukul 19.00 – 22.00. Kadang juga sampai dini hari. Namun, ternyata, masyarakat setempat lebih banyak mendengarkan radio di waktu subuh hingga pukul 07.00 pagi. Semnetara, pengelola radio komunitas masih kesulitan mencari penyiar pada waktu tersebut.

Selain itu, kendala selanjutnya adalah dari sisi teknis, ruang studio yang kecil dan peralatan yang tidak lengkap; tidak ada mixer dan microphone.Jangakuannya pun masih terbatas. Dari sisi pengelolaan kegiatan, acara di radio tersebut masih dipandang kalah menarik daripada radio siaran lainnya. Kemampuan pengelola radio dalam mengakses informasi di masyarakat juga terbatas, dibarengi dengan tidak cukup kuatnya semangat para penyiarnya, sehingga memunculkan kurangnya rasa tanggung jawab dan menyebabkan banyak jadwal siaran yang kosong.

M. Amrun dan Eko Prasetyo Anwar yang akan datang sebagai fasilitator CRI akan bertugas untuk membantu pengelola radio komunitas dan telecenter untuk mengaasi berbagai kendala tersebut. Amrun sehari-hari adalah pegiat Radio Komunitas Angkringan FM di Bantul, D.I. Yogyakarta yang berpengalaman dalam penguatan hal-hal teknis siaran radio. Sementara, Eko adalah pegiat Radio Komunitas Shakti FM di Banjarnegara, Jawa Tengah yang berpengalaman dalam mengelola program kegiatan onair dan offair, serta mengelola berbagai produk jurnalistik untuk disiarkan oleh radionya. Kedua radio komunitas ini juga telah berpengalaman mengelola informasi dari dan untuk website. Keduanya adalah kontributor untuk beberapa website jaringan komunitas yang dikembangkan oleh CRI. Bahkan, Radio Komunitas Angkringan juga telah memiliki website sendiri di http://angkringan.web.id. Dengan segudang pengalaman tersebut, diharapkan keduanya mampu menyinergikan potensi besar yang dimiliki oleh Telecenter dan Radio Komunitas Semeru. Bagaimana proses dan hasilnya? Tunggu saja selama dua bulan ke depan. (ew)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.