Workshop Penguatan Kapasitas Teknik Sistem Informasi Desa

Delapan desa percontohan program Rintisan Desa Inklusi (RINDI) mengikuti Workshop Penguatan Kapasitas Teknik Sistem Informasi Desa pada Selasa, 29 Maret 2016 di Kantor Combine Resource Intitution. Program RINDI yang diinisiasi oleh Sasana Integrasi dan Advokasi Difabel (SIGAB) dan Combine Resource Institution (CRI) bertujuan untuk membangun sebuah sistem data dan informasi di tingkat desa yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung pengelolaan isu inklusivitas, khususnya terkait difabilitas.

Program yang dimulai pada akhir tahun 2015 ini saat ini sudah memasuki tahap pembangunan dan pemanfaatan oleh perangkat desa. Awal Maret lalu telah diadakan Workshop Pengumpulan Data Penduduk dan instalasi SID. Data-data dari berbagai sumber tersebut nantinya akan dimasukkan ke SD. Sebagai tindak lanjut kegiatan selanjutnya diperlukan penguatan kapasitas teknik Sistem Informasi Desa (SID). Pada kegiatan ini akan mendiskusikan permasalahan dan kendala operasional SID, praktik mengatasi permasalahan dan kendala yang dihadapi, serta kebutuhan menu-menu yang ada di SID untuk memfasilitasi pengembangan potensi desa.

Pelatihan ini diikuti oleh sekitar 30 orang perwakilan aparat desa yang telah menjadi operator SID, fasilitator desa, dan SIGAB. Irman Ariadi dari CRI dan M. Syafi’ie dari SIGAB memfasilitasi acara ini. (My)

You may also like...