Membumikan Pengetahuan Melalui Konvergensi Radio Komunitas dan Wikipedia

COMBINE Resource Institution (CRI) menginisiasi program memperluas dan mendekatkan pengetahuan pada masyarakat akar rumput  melalui perkawinan radio komunitas dan wikipedia. Selama ini, Wikipedia sebagai sumber rujukan masih terbatas pada dunia internet. Namun, pengguna internet di Indonesia masih terbatas sehingga perlu tindakan untuk mengawinkan dengan radio komunitas.

Program ini dimulai pada awal Juli 2010. CRI bertemu dengan Himpunan Mahasiswa Cilacap di Yogyakarta (Himacita), Keluarga Pelajar dan Mahasiswa (KPM) Jawa Barat di Yogyakarta, dan Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Lombok Tengah di Yogyakarta. Setelah itu, para sukarelawan memilih dan menulis konten yang akan diproduksi. Hasil produksi disebarkan kepada radio komunitas.

CRI dan Wikipedia bekerjasama dengan organisasi pelajar dan mahasiswa daerah di Yogyakarta telah membuat program siaran pengetahuan berbahasa daerah, seperti bahasa Sunda, Cilacap, Sasak, dan Jawa. Kegiatan ini mendorong penggunaan bahasa daerah sebagai bahasa pengetahuan dan komunikasi ilmiah.

Pada Jagongan Media Rakyat 2010, Pusat Sumber Daya Media Komunitas menyelenggarakan lokalatih konvergensi radio komunitas dan Wikipedia (23/7) di Jogja Nasional Museum (JMN), Wirobrajan, Kota Yogyakarta. Pada lokalatih ini tampil Siska Doviana (Wikipedia Indonesia), Muhammad Ridlo (Radio Komunitas Semerlang FM Cilacap), Khoirul Umam (Ketua Himpunan Mahasiswa Cilacap di Yogyakarta), Icha (Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Lombok Tengah di Yogyakarta).

Kegiatan ini diikuti oleh pegiat media komunitas, pers mahasiswa, pegiat wikipedia, pemerintah daerah, dan umum. (YS)

You may also like...

Leave a Reply