Pasar Komunitas

PROFIL PROGRAM PASAR KOMUNITAS
Sekilas Sejarah
Pasar Komunitas adalah jaringan informasi untuk meningkatkan potensi-potensi ekonomi yang ada di komunitas. Pasar Komunitas lahir dari inisiatif dan perkembangan jaringan radio-radio komunitas di Indonesia, khususnya yang terlibat dalam Suara Komunitas (http://suarakomunitas.net/).

Secara sederhana radio komunitas adalah media yang didirikan oleh, untuk, dari, dan tentang masyarakat. Radio Komunitas menjadi agen informasi yang mampu menjadi jembatan bagi pelaku usaha di komunitasnya dengan dunia luar. Radio komunitas berperan sebagai aktor yang melakukan manajemen pemasaran terhadap potensi ekonomi masyarakat yang ada di sekitarnya. Manajemen pemasaran dilakukan melalui Pasar Komunitas sehingga lebih kuat dan kontrol terhadap transparansi terhadap setiap transaksi menjadi lebih maksimal.

Program ini memiliki visi membangun media untuk proses transaksi usaha kecil dan menengah yang kredibel. Misinya adalah membangun pengetahuan pada pelaku usaha ekonomi kecil mikro tentang teknologi informasi untuk penguatan potensi ekonomi lokal; mengelola jaringan kelompok usaha kecil mikro yang memanfaatkan sistem informasi pasar komunitas; mendorong jaringan dengan mitra yang bisa membantu penguatan ekonomi lokal; merealisasikan transaksi online/offline (dalam jaringan/luar jaringan).

Kegiatan
1. Memproduksi aplikasi sistem terbuka (open source) yang mudah digunakan oleh pelaku usaha kecil atau mikro untuk mendukung kegiatan ekonomi mereka.
2. Penguatan kapasitas kelompok usaha kecil mikro yang menjadi anggota pasar komunitas.
3. Mengembangkan jejaring pengetahuan antara para pelaku usaha mikro