Meski praktik pengelolaan informasi secara swadaya oleh komunitas kian marak, tulisan atau kajian yang mengulas wacana maupun praktik tentangnya terbilang masih minim. Kajian media informasi dan komunikasi masih berkutat pada kritik terhadap praktik pengelolaan informasi oleh korporasi atau kelompok yang berorientasi profit.

Sebagai gambaran, media komunitas sebagai salah satu wujud pengelolaan informasi oleh komunitas belum juga mendapat tempat yang proporsional dalam kajian media informasi dan komunikasi di Indonesia. Asumsi itu diperkuat dengan minimnya publikasi terkait praktik dan wacana media komunitas di tengah hiruk pikuk isu dan kajian media informasi dan komunikasi. Padahal pada tahun-tahun belakangan, media yang dikelola oleh warga  mulai ramai seiring dengan keterbukaan akses teknologi serta menurunnya kepercayaan publik terhadap media arus utama. Survei Edelman Trust Barometer menunjukkan, kepercayaan publik terhadap media massa secara global turun dari 51 persen pada 2016 menjadi 43 persen pada 2017. 

Tentu saja praktik pengelolaan informasi tidak sebatas pada media komunitas. Sejak 2001, Combine Resource Institution mendedikasikan kerja-kerjanya untuk pengembangan wacana dan praktik pengelolaan informasi komunitas di Indonesia. Media komunitas dan Sistem Informasi Desa adalah dua elemen yang kami kembangkan untuk memperkuat pondasi pengelolaan informasi komunitas. Hingga hari ini, kami masih meyakini bahwa pengelolaan informasi oleh komunitas adalah jawaban atas dominasi media informasi dan komunikasi oleh segelintir orang. 

Lewat combine.or.id kami ingin membuka kembali ruang diskusi hal ihwal terkait itu. Dengan cara demikian, kami berharap wacana dan praktik pengelolaan informasi komunitas dapat berkembang lebih baik dan menjadikannya sebagai proyek bersama dalam rangka mengembalikan kendali informasi ke tangan warga dan memperkuat demokrasi di akar rumput.

Kami mengundang siapapun Anda yang memiliki kepedulian terhadap isu pengelolaan informasi komunitas—media komunitas, sistem informasi desa/komunitas, rumah baca komunitas, dll.—untuk menulis di combine.or.id.

Ketentuan Tulisan:

  • Tema tulisan seputar pengelolaan informasi oleh komunitas. Misalnya, media komunitas atau media yang dikelola warga secara swadaya, partisipatif dan inklusif (dalam berbagai platform : cetak, audio, visual, audiovisual), penggunaan teknologi informasi untuk pengelolaan sumber daya komunitas, atau aktivitas literasi oleh warga.
  • Kami menyadari bahwa tulisan atau kajian terkait pengelolaan informasi oleh komunitas di Indonesia masih sangat minim dan akses terhadapnya pun cukup terbatas. Oleh karena itu, kebanyakan kajian mengenainya masih berkutat pada hal-hal mendasar, misalnya “apa itu media komunitas?”, “bagaimana media komunitas dikelola?”, dsb. Namun demikian, kami tetap mengutamakan kebaruan ide(dalam konteks Indonesia) dan pengalaman atau analisis yang menarik serta kontekstual dengan situasi sosial politik hari ini.
  • Tulisan berupa esai populer yang dipaparkan secara runut dengan argumen dan data yang dapat dipertanggungjawabkan.
  • Tulisan adalah karya sendiri (bukan plagiasi) dan belum pernah dipublikasikan di media lain.
  • Ada tiga rubrik yang menerima kiriman tulisan:

1. Opini
Rubrik ini berisi pendapat dan analisis atas pelbagai peristiwa atau fenomena seputar pengelolaan informasi oleh komunitas. Panjang tulisan berkisar 1.000 – 2.000 kata.

2. Ulasan
Rubrik ini berisi tinjauan atas segala produk budaya terkait pengelolaan informasi oleh komunitas seperti buku, hasil penelitian, dan film, bahkan karya seni. Panjang tulisan berkisar 800 – 1.000 kata.

3. Wawancara
Rubrik ini berisi wawancara dengan sosok yang menggeluti isu media informasi dan komunikasi. Topik diutamakan seputar/terkait dengan fenomena pengelolaan informasi komunitas secara cukup mendalam. Panjang tulisan berkisar antara 2.000 – 4.500 kata.

  • Kirim tulisan Anda ke surel redaksi[at]combine[dot]or[dot]id,dengan subjek: rubrik_judul tulisan_nama penulis; atau mengisi di kolom kontribusi yang telah kami sediakan di sini. Setiap tulisan yang diajukan akan melalui proses seleksi. Kami akan mengabarkan selambat-lambatnya lima hari kerja dari sejak kami menerima surel tersebut.
  • Kami menyediakan honor sepantasnya untuk setiap tulisan yang dimuat.
  • Selain itu, ada beberapa hal yang kami perlukan untuk melengkapi tulisan Anda (sebagai catatan, segala yang berkaitan dengan data pribadi kami gunakan hanya untuk kepentingan proses ini):

1. Nomor rekening untuk pengiriman honor bagi tulisan yang ditayangkan.
2. Nomor telepon seluler yang mudah dihubungi.
3. Profil singkat yang mendeskripsikan diri Anda, seperti riwayat pendidikan, karir atau hal-hal yang tengah digeluti.
4. Curriculum Vitae (CV) untuk keperluan dokumentasi kontributor.