Workshop Tata Kelola Sistem Informasi Desa di Temu Inklusi 2016

 

Workshop Tematik Pengalaman Tata Kelola SID

Workshop Tematik Pengalaman Tata Kelola SID

 

Combine Resource Institution (CRI) turut terlibat dalam helatan Temu Inklusi 2016 yang digagas oleh Sasana Integrasi dan Advokasi Difabel (SIGAB). Kali ini CRI andil dalam mengelola workshop panel dengan tema “Tata Kelola Sistem Informasi Desa” pada Jumat, 26 Agustus 2016 jam 13.30 – 16.30 di Desa Jatirejo, Lendah, Kulon Progo.

Temu Inklusi sendiri merupakan kegiatan rutin dua tahunan yang mempertemukan berbagai pihak pegiat inklusi difabel. Gelaran pertama  di tahun 2014, lebih dari 300 partisipan yang hadir merupakan perwakilan organisasi difabel, organisasi masyarakat sipil, serta individu pegiat inklusi difabel. Temu inklusi yang pertama tersebut menghasilkan gagasan Desa Inklusi.

Gagasan tersebut salah satunya direalisasikan dengan penerapan Sistem Informasi Desa (SID). Dua desa di Sleman dan enam desa di Kulon Progo merupakan wilayah yang merintis desa inklusi dengan menerapkan SID. Tergabung dalam program bertajuk Rintisan Desa Inklusi (RINDI) kerjasama SIGAB dan CRI, kedua kabupaten tersebut menggunakan SID sebagai perangkat untuk analisis difabilitas.

Praktik baik dalam pemanfaatan SID baik dalam isu difabilitas maupun isu lain akan dikupas dalam workshop panel dalam Temu Inklusi ini. Irman Ariadi, perwakilan dari CRI akan membahas perjalanan SID, Sandigita FM dari Desa Dlingo akan berbagi pengalaman tentang sinergitas generasi muda dalam mengelola SID, dan Desa Tambahrejo Pageruyung Kendal akan memaparkan sinergitas perangkat desa dalam mengelola SID.

bisa juga mengikuti peta ini : Menuju Lokasi Warkshop Tematik

You may also like...