Sejarah Lembaga

Siapa kami?
Revolusi teknologi informasi dan komunikasi menandai pula sebuah peradaban dimana informasi menjadi kekuatan. Ungkapan bahwa informasi adalah kekuasaan sungguh terjadi di era ini. Artinya siapa saja yang mampu mengelola informasi dengan baik, maka dia akan memiliki posisi yang kuat.

Dampak lain dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah terbukanya kesempatan bagi pihak yang lemah untuk memperkuat dirinya melalui pengelolaan informasi. Selama ini komunitas yang berada pada posisi terpinggirkan seperti petani, buruh, masyarakat adat, masyarakat miskin, kerap menjadi obyek.

Kini mereka bisa menempatkan dirinya sebagai subyek yang mampu mengelola informasi sesuai kepentingannya serta memediasikannya ke berbagai pihak, terutama pengurus publik.Inilah dasar pijakan berdirinya Combine (Community Based Information Network) Resource Institution, sebuah kelembagaan sumber daya yang memilih strategi penguatan komunitas marjinal melalui jaringan informasi.

Sejak tahun 2001, Combine bergerak mendukung pengembangan media komunitas dan pemanfaatan Teknologi Informasi-Komunikasi (TIK) sebagai bagian dari sistem dan jaringan pengembangan informasi dan komunikasi komunitas. Pada awalnya, Combine melakukan fasilitasi dan bantuan teknis secara langsung bagi komunitas untuk mengembangkan sistem komunikasinya, salah satunya melalui radio komunitas.

Sejalan dengan pesatnya perkembangan radio komunitas, maka sejak tahun 2004, Combine mulai mengintegrasikan dan membangun jaringan antarmedia komunitas untuk mempermudah proses pertukaran informasi dan pengetahuan dengan berbasis internet.

Bagi komunitas, pertukaran informasi dan pengetahuan (lokal) secara swakelola menguntungkan bukan hanya sebagai alternatif terhadap informasi pada media arus utama, tetapi juga sebagai basis untuk melakukan perubahan sosial. Selain itu mengartikulasikan kepentingan melalui wacana dan proses pengambilan keputusan publik yang berpihak pada kepentingan rakyat.

Bagi pemerintah dan pelaku ekonomi, jaringan ini turut menguntungkan dalam hal diseminasi/sosialisasi kebijakan pemerintah secara efektif, perencanaan pembangunan berbasis kebutuhan dan partisipasi masyarakat dan penginderaan dini terhadap aspirasi masyarakat.

Dukungan yang pernah dan masih diberikan oleh Combine antara lain di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.  Dukungan diberikan kepada media komunitas, pemerintah dan masyarakat desa hingga lembaga swadaya masyarakat setempat yang memiliki perhatian terhadap informasi dan komunikasi.

Kini Combine terdaftar secara hukum sebagai yayasan yang berpusat di Yogyakarta.

Kami mengelola informasi untuk:

  • Pengelolaan sumber daya komunitas yang diwujudkan melalui Manajemen Sumber Daya Berbasis Komunitas
  • Advokasi hak-hak dasar masyarakat sipil yang diwujudkan melalui Suara Warga
  • Pemberdayaan ekonomi komunitas akar rumput
  • Pengurangan Risiko Bencana

Bagaimana kami saling berbagi?
Combine telah membangun pusat pengetahuan media komunitas atau Community Media Resource Center (CMRC) dimana seluruh praktik dan pengetahuan dari pengalaman bersama komunitas telah dikelola untuk bisa diakses publik. CMRC menyediakan sumber daya sebagai berikut:

  1. Keahlian (konsultasi, pelatihan, penelitian, dan pengembangan), terutama di bidang : sistem dan teknologi informasi tepat guna (meliputi infrastruktur, sistem operasi, dan aplikasi yang berhubungan, seperti manajemen basis data dan sistem informasi geografis), strategi komunikasi, jurnalisme dan media berbasis komunitas, pengorganisasian komunitas, perencanaan partisipatif, dan sistem data dan informasi partisipasif.
  2. Pengetahuan untuk publik bisa diakses di perpustakaan Combine (http://kombinasi.net).
  3. Sistem dan teknologi informasi tepat guna yang siap dipakai.
  4. Dukungan kampanye dan diseminasi melalui produksi Majalah Kombinasi yang diterbitkan setiap tiga bulan sekali.

Produk Kami

  1. Penerbitan buku.
  2. Produksi dan distribusi Iklan Layanan Masyarakat (ILM) dan drama untuk radio komunitas.
  3. Penyediaan Sistem dan Informasi Tepat Guna