Pelatihan Sistem Informasi Desa (SID) untuk Olah Basis Data Terpadu di Pacitan, Jawa Timur

Combine Resource Institution (CRI) bersama KOMPAK dan Pemkab Pacitan selenggarakan Pelatihan Sistem Informasi Desa (SID) untuk Olah Basis Data Terpadu pada Selasa – Kamis, 2-4 Mei 2017 di Kompleks Kantor Bupati Pacitan. Pelatihan yang diikuti oleh perwakilan lima belas desa ini merupakan tindak lanjut Pelatihan Sistem Informasi Desa (SID) Tingkat Dasar yang dilaksanakan pada 7-9 Februari 2017 lalu. Lima belas desa ini diarahkan untuk mempelajari fungsi-fungsi olah data lebih lanjut dalam aplikasi SID untuk kebutuhan olah BDT yang telah disiapkan setiap desa. Olah BDT dengan memanfaatkan SID ini merupakan upaya untuk mendekatkan manfaat SID dalam aspek perencanaan dan pembangunan di tingkat desa dan kabupaten.

Seri pelatihan ini merupakan bagian dari inisiatif pengembangan dan penerapan Sistem Informasi Desa (SID) yang dirancang sejak 2016. Inisiatif ini akan menjadi salah satu dasar bagi beragam inisiatif program penanggulangan kemiskinan dan program pembangunan di tingkat daerah dan tingkat nasional. Kesiapan desa yang diperkuat melalui pelatihan ini diharapkan juga dapat diikuti dengan kesiapan pemerintah kabupaten dan jejaring para pihak yang mendukung inisiatif ini. Tanpa ada kesiapan kolaborasi yang diupayakan secara simultan oleh para pihak di tingkat kabupaten dan juga jaringan nasional, manfaat dari terbangunnya kapasitas desa dalam hal olah data dan informasi pembangunan tidak akan maksimal diperoleh, baik oleh desa sendiri, pemerintah daerah, maupun pemerintah nasional.

Pemerintah Kabupaten Pacitan telah memiliki program penanggulangan kemiskinan Grindulu MAPAN yang siap untuk memposisikan SID sebagai alat/sarana untuk memperkuat substansi inisiatif secara terbuka. Selain itu, Kabupaten Pacitan juga tengah dijadikan tujuan penerapan sejumlah inisiatif lain, seperti inisiatif penyelenggaraan Sistem Perencanaan, Penganggaran, Evaluasi, dan Analisis Kemiskinan Terpadu (SEPAKAT) oleh Kementerian PPN/BAPPENAS RI. Dengan banyaknya perhatian dan inisiatif yang  masuk ke Kabupaten Pacitan, hingga ke tingkat desa, diharapkan dapat menjadi energi positif bagi para pihak yang terlibat untuk memperkuat aspek manfaat secara konkret di setiap tahap. (My)

You may also like...