Pelatihan Pemanfaatan Sistem Informasi Desa (SID) di Kabupaten Lombok Utara

Combine Resource Institution (CRI) fasilitasi pelatihan pemanfaatan Sistem Informasi Desa (SID) bagi perangkat desa di Kabupaten Lombok Utara pada Selasa – Rabu, 22 – 23 November 2016 di kompleks kantor Bupati Lombok Utara. Acara yang dikelola oleh Bappeda Kabupaten Lombok Utara ini merupakan babak baru proses inisiatif SID yang telah dilakukan sejak 2013 bersama CRI. Tahap demi tahap fasilitasi langsung oleh CRI telah meningkatkan kapasitas desa dalam pengelolaan data dan informasi. Hal tersebut ditandai dengan aktifnya website 33 desa berbasis aplikasi SID yang diluncurkan oleh Pemkab Lombok Utara pada 13 November lalu.

Salah satu kunci penting dan mendasar dalam penerapan SID adalah kesiapan kelembagaan desa dan kabupaten untuk mendukung inisiatif ini. Di tingkat kabupaten, rancangan peraturan bupati yang mengatur pelaksanaan program pengembangan dan pemanfaatan SID akan segera disahkan. Peraturan bupati ini diharapkan bisa mampu menjadi payung hukum untuk penerapan SID yang akan dikawal langsung oleh beberapa SKPD, antara lain BAPPEDA, BPMPPKBPEMDES, dan Dishubkominfo.

Di tingkat desa, pemerintah desa harus selalu mempersiapkan diri dengan meningkatkan kapasitas perangkat desanya, tak hanya Operator SID saja.  Seri pelatihan yang difasilitasi CRI yang telah dilakukan sebelumnya sering diikuti oleh Operator SID. Secara posisi, operator SID tersebut tidak memiliki peran dan tanggungjawab dalam pengambilan keputusan dan kebijakan. Oleh karena itu, pelatihan kali ini akan ditujukan bagi perangkat desa agar pengetahuan tentang SID dapat dikuasai merata oleh perangkat desa. Dengan adanya pelatihan pengelolaan dan pemanfaatan SID untuk perangkat desa diharapkan manfaat SID bagi warga akan bisa lebih nyata terjadi di setiap desa. (My)

You may also like...