Kunjungan Belajar RINDI ke Kebumen

Combine Resource Institution (CRI) dan SIGAB Yogyakarta turut mendampingi delapan desa percontohan program Rintisan Desa Inklusi (RINDI) melaksanakan kunjungan belajar ke desa penerap SID di Kebumen. Kunjungan belajar ini dilaksanakan pada Rabu-Kamis, 13-14 April 2016 ke Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.

Program RINDI yang diterapkan di Kabupaten Sleman dan Kulonprogo ini, saat ini sudah memasuki tahap pembangunan dan pemanfaatan oleh perangkat desa. Beberapa kegiatan pun telah dilaksanakan mulai dari visioning sistem informasi desa, review assesment desa, pengenalan SID dan sharing tata kelola data dan informasi, pembuatan kelompok pengembang SID, mini workshop assessment desa, pembentukan tim kerja sistem informasi desa, pelatihan dasar SID,dan beberapa aktivitas terkait pendataan difabel.

Kunjungan belajar kali ini diikuti oleh perangkat, pengelola SID, Kader Desa, Kader Difabel Desa, dan Fasilitator Desa. Kunjungan ini sebagai langkah lanjutan untuk melihat praktik baik pengelolaan dan pemanfaatan SID untuk perencanaan pembangunan di Desa Pasir. (My/IA)

You may also like...