Monitoring dan Koordinasi Penerapan SID di NTB

Combine Resource Institution (CRI) kembali memonitor penerapan Sistem Informasi Desa (SID) di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Selasa-Rabu, 29-30 Maret 2016. Program penerapan SID di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang secara khusus difasilitasi oleh Combine Resource Institution (CRI) yaitu di Kabupaten Lombok Utara (KLU) dan Kabupaten Lombok Tengah. Program ini merupakan kerjasama antara CRI dengan Bappeda KLU untuk wilayah KLU, sedangkan untuk Lombok Tengah dengan Berugak Dese dan Konsorsium LSM/OMS Kabupaten Lombok Tengah dalam payung program SAPA Indonesia.

Monitoring kali ini merupakan agenda monitoring pasca program, pasalnya program penerapan SID di kedua wilayah tersebut secara resmi telah selesai per Desember 2015 kemarin.CRI sebagai perintis pengembangan dan fasilitator utama SID menaruh komitmen untuk aktif mengawal perjalanan penerapan dan pemanfaatan SID di Kabupaten Lombok Tengah. Proses ini akan disinergikan dengan inisiatif jaringan komunitas desa dan pemerintahan kabupaten yang dikoordinasikan melalui fungsi Bappeda dan BPMD.

Pada 2016 ini, diharapkan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah melalui peran Bappeda, BPMD, dan jaringan lembaga masyarakat sipil setempat, dapat membangun sinergi untuk melakukan replikasi atas model pemanfaatan SID di 2 wilayah di atas ke desa-desa lainnya di Lombok Tengah. Proses ini penting untuk ditengok kembali, apakah usai penutupan program secara formal di akhir tahun 2015 lalu, komitmen penerapan SID tetap masih berjalan dengan optimal atau tidak, khususnya di tingkat desa.

Selain menilik kembali proses perkembangan penerapan SID pascaprogram, inisiatif replikasi penerapan di 33 desa di KLU oleh Bappeda KLU pada 2016 ini perlu dikoordinasikan lebih lanjut. Bappeda KLU sebagai motor inisiatif SID di KLU telah merencanakan skema kerjasama formal antara CRI dengan Pemkab KLU untuk program pendampingan penerapan SID di KLU dalam jangka waktu tertentu. Salah satunya penguatan kapasitas pengelola SID, baik di tingkat desa maupun kabupaten. Oleh karena itu, perlu ada koordinasi lebih lanjut untuk merumuskan ulang proses dan jadwal seri pelatihan SID yang telah direncanakan sejak akhir tahun 2015 tersebut.

You may also like...