Seri Pelatihan Dasar Sistem Informasi Desa untuk Rintisan Desa Inklusi

Delapan desa percontohan program Rintisan Desa Inklusi (RINDI) kolaborasi Combine Resource Institution (CRI) dan Sasana Integrasi dan Advokasi Difabel (SIGAB) pada 23,25,27 Februari ini akan mengikuti pelatihan dasar penggunaan aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) 3.04. Pelatihan ini akan digelar dua kali di Kulon Progo dan satu kali di Sleman.

Dari hasil pemetaan kapasitas dan kesiapan desa kegiatan assessment di pekan sebelumnya, pelatihan yang akan digelar kali ini merupakan aktualisasi dari rencana tindak lanjut yang telah disepakati. Tahap ini akan menjadi langkah awal untuk memulai tahap olah data di tingkat desa.Kegiatan ini akan melatihkan proses instalasi aplikasi dan olah data kependudukan yang akan dimanfaatkan sebagai data dasar untuk olah data difabel selanjutnya.

Akan hadir sebagai peserta perwakilan perangkat desa dari desa percontohan, perwakilan lembaga masyarakat desa/organisasi lokal, dan fasilitator desa. Kegiatan ini difasilitatori oleh Irman Ariadi, Zani Noviansyah, dan Rachmat Hafidz dari Combine Resource Institution.

Jadwal kegiatan

Selasa, 23 Februari 2016 — Desa Wahyuharjo, Lendah, Kulon Progo
Kamis, 25 Februari 2016 — Desa Sendangtirto, Berbah, Sleman
Sabtu, 27 Februari 2016  — Desa Gulurejo, Lendah, Kulon Progo

 

Sumber : Irman Ariadi

You may also like...