Kontes APIK Pertemukan Komunitas 3 Gunung Api

Pegiat radio komunitas dari 3 gunung api di Indonesia yakni Gunung Merapi, Gunung Sinabung, dan Gunung Kelud akan bertemu di Kaliurang, Yogyakarta pada Kamis, 4 Februari 2016. Mereka akan berkompetisi dalam pembuatan produk audio pengelolaan informasi kebencanaan atau APIK (Disaster Management Audio Material/DMAM) yang diselenggarakan oleh Combine Resource Institution (CRI) dan Radio FMYY Jepang.

Akan hadir sebagai pembicara dalam kegiatan ini dosen Geologi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta dan perwakilan dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG). Sementara Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI) dan Forum Pengurangan Ririko Bencana (PRB) DIR akan hadir sebagai juri dalam kontes ini.

Tak sebatas berkompetisi, ketiga rakom itu juga akan berbagi pengalaman dalam menghadapi bahaya gunung api. Pengalaman-pengalaman tersebut dikemas dalam APIK, yakni sebuah aplikasi berbasis android. Aplikasi ini berisi kumpulan informasi seputar tema PRB berbentuk audio (rekaman suara).

Fatchur Rohman dari divisi Manajemen Informasi Kebencenaan CRI menjelaskan, APIK merupakan salah satu media kampanye PRB. Beragam informasi terkait bencana dimuat dalam aplikasi ini. Informasi tersebut dikemas dengan memasukkan unsur budaya lokal setempat dalam merespons bencana.

“Materi APIK juga dapat dibuat dengan mencoba berbagai teknik seperti menggabungkan informasi seputar bencana maupun pengalaman menghadapi bencana dengan musik tradisional, dongeng, lagu, puisi, sketsa komedi, drama, iklan layanan masyarakat dan sebagainya untuk menarik perhatian pendengar,” jelas Fatchur Rohman, (1/2).

APIK merupakan salah satu pemanfaatan teknologi informasi dalam upaya PRB berbasis komunitas. Pemanfaatan teknologi ini dijalankan dalam program Tangguh Merapi yang dikembangkan CRI dengan dukungan Radio FMYY Jepang. Kompetisi APIK ini akan menjadi langkah lebih lanjut menjaringkan komunitas-komunitas pegiat PRB berbasis komunitas.

You may also like...