Workshop Pemanfaatan Sistem Open Data (SID) Tingkat Desa

Combine Resource Institution (CRI) kembali mengadakan “Workshop Pemanfaatan Sistem Open Data (SID) Tingkat Desa” bagi 17 desa di dua kecamatan Pathuk dan Panggang Gunungkidul. Acara ini akan diselenggarakan pada Selasa-Kamis, 01-03 Desember 2015 bertempat di Desa Ngoro-oro Kecamatan Pathuk, Desa Salam Kecamatan Patuk, dan di Kecamatan Panggang. Workshop ini juga merupakan tindak lanjut workshop yang pernah dilakukan pada Agustus lalu.

Mengacu pada hasil pendataan jumlah kunjungan dan artikel pada portal desa yang dilakukan sampai November 2015 ini,terdapat 3577 kunjungan dan 700 artikel yang dimuat. Prosentasi kenaikan jumlah kunjungan mencapai 42,23 %, sedangkan unggah artikel hanya mencapai1,30 % . Khusus untuk artikel,jika tiap minggu terjadi peningkatan satu tulisan di portal desa, maka angka kenaikan yang dapat dicapai sebesar 6,80%. Untuk itu, diperlukan workshop pemanfaatan lanjutan untuk menaikkan jumlah artikel pada portal di Gunungkidul.

Selain peningkatan jumlah artikel, penyebaranluasan informasi SID di tingkat masyarakat yang jarang mengakses portal desa pun perlu dilakukan. Salah satunya dengan pemasangan Publik Display di kantor desa. Publik display adalah suatu cara untuk mengenalkan kepada masyarakat secara offline tentang keberadaan sistem informasi desa di wilayahnya. Publik display ini juga dilengkapi SMS gateway untuk memudahkan penyampaian informasi dan atau aspirasi oleh warga kepada desa dan sebaliknya. Bersamaan dengan  workshop ini, CRI juga menghibahkan 6 unit publik display dengan pengalokasian 3 unit tiap kecamatan.

Jadwal pelaksanaan workshop
Selasa, 01 Desember 2015    : Desa Ngoro-oro Kecamatan Patuk
Peserta                                      : Ngoro-oro, Terbah, Bunder, Putat, Beji dan Nglegi

Rabu, 02 Desember 2015        : Desa Salam Kecamatan Patuk
Peserta                                         : Nglanggeran, Patuk, Semoyo, Pengkok, Salam

Kamis, 03 Desember 2015        : Kecamatan Panggang
Peserta                                          : Girisuko, Girisekar, Giriharjo, giriwungu, girimulyo dan Girikarto

You may also like...