Dolan Kampung 2015

Combine Resource Institution (CRI)  bersama FM YY, Jepang akan turut memfasilitasi acara bertajuk Dolan Kampung 2015 yang diselenggarakan oleh Forum Wisata Barepan dan MGM FM. Dolan Kampung 2015 ini merupakan capaian lanjutan dari inisiatif warga dalam mengembangkan jejaring serta pengelolaan informasi mengenai potensi wisata dusun Barepan, Borobudur. Bertempat di Wilayah RT 04 Dusun Barepan, Borobudur acara ini akan digelar pada Sabtu, 12 Desember 2015 mulai 08.30 sampai 22.30.

Berada di selatan kompleks candi Borobudur, Dusun Barepan memiliki potensi wisata berupa seni pertunjukan seperti topeng Ireng, Tong-tong lek, dan Dayakan. Selain itu, terdapat  ragam produk komunitas seperti kerajinan bambu, batik tulis, serta kuliner lokal lainnya. Paket wisata yang diberikan juga beragam dengan harga terjangkau, mulai dari bersepeda keliling desa hingga kelas menari bagi mereka yang gemar terhadap seni pertunjukan lokal. Terdapat juga kelas memasak untuk mereka yang ingin mencicipi kuliner khas lokal. Sebagai bagian dari destinasi wisata di kawasan Borobudur, dusun Barepan juga menyediakan tempat penginapan bagi para pengunjung yang ingin menghabiskan masa liburan dengan nuansa pedesaan. Seluruh potensi wisata tersebut pengelolaannya berbasis komunitas. Artinya masyarakat (komunitas) sebagai pelaku utama dari aktivitas pariwisata yang berkelanjutan.

Dibungkus dengan acara Dolan Kampung inilah salah satu wujud hasil pengelolaan wisata berbasis komunitas. Dolan Kampung merupakan agenda wisata komunitas yang mengedepankan interaksi serta apresiasi terhadap karakter budaya dan lingkungan setempat. Terdapat dua aktivitas pokok yang akan dilaksanakan dalam agenda acara tersebut, yaitu aktivitas wisata minat khusus serta diskusi publik mengenai pemanfaatan media komunitas sebagai instrumen pengelolaan informasi kepariwisataan. Wisata minat khusus ini mengacu pada keterlibatan langsung pengunjung di dalam olah produksi kerajinan lokal Barepan.

Senada dengan itu, untuk meningkatkan wawasan warga seputar pengelolaan informasi wisata lokal, akan dilakukan melalui diskusi publik yang mengundang pegiat media komunitas serta tokoh kunci sebagai pemateri. Penyelenggaraan acara Dolan Kampung ini akan mengundang publik yang memiliki kepedulian dalam pengembangan wisata berbasis komunitas, khususnya pegiat media komunitas (travel blogger) serta pelaku usaha kecil menengah yang bergerak dalam usaha penunjang kebudayaan dan kepariwisataan.

Tujuan dari penyelenggaraan Dolan Kampung ini adalah membangun kemitraan dalam memperkuat jaringan usaha pariwisata lokal Barepan. Dalam hal ini, kemitraan tersebut dapat diartikan pula sebagai usaha untuk membangun kekuatan serta pertumbuhan ekonomi pariwisata yang ditandai dengan indikator-indikator peningkatan kunjungan, belanja produk komunitas, serta lama tinggal wisatawan. Dengan terbangunnya kemitraan antara komunitas, pihak swasta (penyedia jasa wisata) dan pemerintah, diharapkan akan menguatkan kesatuan hubungan antar pelaku wisata dalam mengembangkan potensi bersama yang saling menguntungkan dan berkelanjutan.

Sesuai dengan konsep pariwisata yang berkelanjutan, agenda Dolan Kampung ini akan mendorong daya saing lokal dengan memaksimalkan kontribusi pariwisata bagi kemakmuran desa sekaligus komunitasnya. Pada saat yang sama, kegiatan ini nantinya juga akan membuka peluang lapangan kerja bagi pemuda dalam sektor kepariwisataan. Melihat tren peningkatan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara ke kawasan Borobudur, maka turut membuka kesempatan bagi warga lokal di Barepan untuk terlibat secara aktif dalam aktivitas kepariwisataan tersebut.

Agenda :
08.30-12.00    Dolan Kampung (Kerajinan Gypsum, Kelas Kerajinan Bambu, Kelas Kerajinan Batik)
13.00-15.00    Diskusi “Peran Media Komunitas sebagai Instrumen Tata Kelola Informasi Wisata Desa.”
16.00-17.30    Kelas Komunitas Seni Rakyat: Topeng Ireng
18.30-19.30    Pembukaan Pagelaran Seni Barepan (Tarian Anak Nusantara dan Kesenian Tong Tong Lek)
19.30-20.00    Sambutan (Kadus. Barepan, Borobudur dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Magelang)
20.00-20.30    Peluncuran Kampoeng Wisata Barepan dan Website Komunitas : www.mgmborobudur.com
20.30-23.00    Pertunjukan Seni Dan Budaya (Topeng Ireng Kolaborasi, Topeng Ireng Wiracatra, Barepan, Wanurejo dan Topeng Ireng Topeng Purba, Kurahan, Borobudur

You may also like...

1 Response

  1. 12/12/2015

    […] Agendanya cek di link berikut ini ya… http://www.combine.or.id/2015/12/dolan-kampung-2015/ […]