Monitoring Penerapan SID di Desa Percontohan dan Workshop Pemanfaatan Sistem Informasi Desa (SID) di Tingkat Kabupaten di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat

Program penerapan Sistem Informasi Desa (SID) di Kabupaten Lombok Tengah dikelola oleh Combine Resource Institution (CRI) untuk penanggulangan kemiskinan bertajuk Strategic Alliance for Poverty Alleviation (SAPA) yang bekerjasama dengan Konsorsium LSM/OMS Lombok Tengah telah berada di ujung perjalanan. Pada tahap awal kegiatan di tahun 2014, tim CRI telah melakukan sosialisasi program dan pemetaan peran para pihak yang melibatkan TKPKD Kabupaten Lombok Tengah dan Berugak Dese melalui konsorsium lembaga masyarakat sipil setempat. Kerjasama ini dilakukan untuk periode tahun 2014 hingga akhir 2015.

Memasuki tahap akhir program di bulan Oktober dan November 2015 ini, tim CRI akan melakukan proses monitoring terhadap proses dan capaian pemanfaatan yang telah dilakukan dan didapatkan di 4 desa percontohan dengan replikasi di seluruh desa di 2 kecamatan. Monitoring ini akan menjadi dasar penilaian terhadap kesiapan para pihak di Kabupaten Lombok Tengah dalam memastikan keberlanjutan pemanfaatan SID ke depan. Monitoring pertama pada bulan Oktober ini akan dilaksanakan pada 20-22 Oktober 2015. Monitoring akan dilaksanakan di Desa Semparu dan Desa Montong Gamang, Kopang; Desa Perina dan Desa Pengenjek, Jonggat, Lombok Tengah.

Tim CRI dengan didampingi oleh Berugak Dese akan melihat langsung proses pemanfaatan SID di 4 desa percontohan. Hasil monitoring bersama ini akan digunakan sebagai dasar analisis penyiapan strategi keberlanjutan prakarsa ini ke depan setelah program formal usai. Proses ini kemudian akan dikomunikasikan dengan para pihak di tingkat kabupaten, khususnya jajaran SKPD terkait, dengan metode audiensi dan workshop. Audiensi akan dilakukan ke sejumlah SKPD yang terkait langsung dengan kebutuhan strategi penerapan SID, meliputi Bappeda, BPMD, dan Dishubkominfo.

Sementara, pengomunikasian lebih utuh ke para pihak yang lebih luas akan disampaikan dalam sebuah acara workshop pemanfaatan SID di tingkat kabupaten yang akan diselenggarakan 21 Oktober 2015 di Bappeda Lombok Tengah. Pengomunikasian proses dan hasil capaian penerapan SID pada tahap ini diharapkan dapat memberikan dasar pemahaman bagi para pihak di tingkat kabupaten tentang kebutuhan peran-peran untuk memastikan keberlanjutan prakarsa ini. CRI berharap, dalam periode bulan Oktober dan November 2015 ini, penguatan proses pemanfataan SID di tingkat desa akan diperkaya, sekaligus mempersiapkan peran-peran yang harus ada di tingkat kabupaten. Pada tahun 2016, proses penerapan SID di Kabupaten Lombok Tengah diharapkan telah dapat dikawal bersama oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah dengan kolompok masyarakat sipilnya, melalui Konsorsium LSM/OMS Lombok Tengah. (My)

Jadwal Kegiatan :
Selasa, 20 Oktober 2015 : Monitoring pelaksanaan SID di Desa Semparu dan Desa Montong Gamang, Kopang
Rabu, 21 Oktober 2015    : Workshop Pemanfaatan Sistem Informasi Desa (SID) di Tingkat Kabupaten di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
Kamis, 22 Oktober 2015     : Monitoring pelaksanaan SID di Desa Perina dan Desa Pengenjek, Jonggat, Lombok Tengah.

You may also like...