Workshop Pemanfaatan SID di Tingkat Desa di Kecamatan Patuk dan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul

Combine Resource Institution (CRI) kembali menyelenggarakan “Workshop Pemanfaatan SID di Tingkat Desa di Kecamatan Patuk dan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul” pada 25 s/d 26 Agustus 2015. Workshop ini dimaksudkan agar tiap desa mendapatkan pemahaman konsep dan prinsip yang sama mengenai SID untuk dikembangkan di wilayah mereka masing-masing.

Inisiatif pengembangan SID di Gunungkidul dilakukan bertahap. Mulai proses olah data Analisis Kemiskinan Partisipatif (AKP) sampai pada tahap konvergensi media. Berdasarkan data lapangan dan rencana implementasi, pada tahun 2012 SID mulai dirintis di 6 desa di 2 kecamatan, Patuk dan Panggang. Tahap berikutnya ada tambahan 18 desa di tahun 2013 yang tersebar di 18 kecamatan. Akhirnya pada tahun 2015 inisiatif tersebut ditangkap positif oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul yang kemudian menetapkan SID sebagai sistem formal yang dibangun di seluruh desa di Kabupaten Gunungkidul.

Kecamatan Patuk dan Panggang sekiranya kini sedang diprioritaskan CRI sebagai ‘jamur’ untuk tersebarnya pengembangan SID di wilayah-wilayah sekitarnya. Kecamatan Patuk dan Panggang sendiri telah memiliki portal desa online dengan layanan SMS Gateway, namun tak lama aktif karena tidak adanya sinergi dukungan dari pihak desa maupun kabupaten.

Mengingat keluhan dari dua kecamatan tersebut, workshop ini diselenggarakan. Diharapkan dengan acara ini tiap desa dapat mengoptimalkan website desa, terjadi peningkatan pelayanan publik, serta adanya sinergitas antara pengelola data SID, pengelola media desa, serta pemangku kebijakan desa terkait SID. Hari pertama untuk Kecamatan Patuk diselenggarakan di Kantor Desa Nglanggeran, sedangkan hari ke-dua untuk Kecamatan Panggang diselenggarakan di Kantor Kecamatan Panggang. (Angela)

Jadwal Kegiatan :
09.00 – 09.30 : Pembukaan ; Penjelasan arah, tujuan, dan tahap kegiatan
09.30 – 10.15 : FGD Sesi 1, pemetaan ragam bentuk dan pengalaman
10.15 – 12.00 : FGD Sesi 2, analisis untuk pemanfaatan SID di tingkat desa.
12.00 – 13.00 : Istirahat
13.00 – 14.30 : Praktik dan simulasi/ bermain peran
14.30 – 15.00 : Perencanaan agenda tindak lanjut per desa
15.00 – 15.30 : Evaluasi dan penutup

You may also like...