Pelatihan Pengarusutamaan Gender dan Media Komunitas Bagi Pelaku Usaha Kecil

Combine Resource Institutiton (CRI) bekerjasama dengan Yayasan Donders kembali menggelar Pelatihan Pengarusutamaan Gender dan Media Komunitas Bagi Pelaku Usaha Kecil di Kodi Utara, NTT pada Senin-Minggu, 24-30 Agustus  2015. Pelatihan ini merupakan tindak lanjut pelatihan sebelumnya tentang pengenalan peran dan manfaat media komunitas sebagai medium informasi dan pemasaran produk kelompok perajin tenun yang telah dilakukan 24-26 Juni 2015 lalu. Pelatihan ini direncanakan dihadiri oleh lima belas peserta dari dua kelompok Tenun Kandaba Mopir dan Ice Ndaha.

Peserta yang hadir merupakan pegiat media komunitas sekaligus pelaku usaha kecil membutuhkan pembekalan pengetahuan seputar kesetaraan gender. Gagasan tentang kesetaraan gender, atau kesetaraan antara laki-laki dan perempuan yang mengacu pada hak, tanggung jawab, peluang, perlakuan, dan penghargaan yang sama bagi perempuan dan laki-laki menjadi penting untuk diketahui. Di sisi lain, peran perempuan yang terjun ke dunia usaha menghadapi lebih banyak kesulitan dibandingkan laki-laki di sepanjang siklus kehidupan usaha yang dihadapi. Hal ini terjadi karena jejaring yang dimiliki perempuan lebih terbatas. Di samping itu, akses untuk mendapatkan pendidikan, pelatihan, dan keterampilan, pun lebih terbatas. Demikian pula halnya dengan pilihan perempuan atas ide dan peluang usaha.

Pelatihan ini akan mengajak para peserta untuk melihat siklus kehidupan usaha melalui ‘kacamata gender’. Sekaligus, memastikan pemahaman kepada peserta bahwa perempuan dan laki-laki memiliki peluang yang sama untuk menjadi sukses, baik dalam kehidupan maupun dalam usaha. Semua orang harus diperlakukan dengan bermartabat dan diperbolehkan untuk mengembangkan potensi mereka menuju kualitas hidup yang lebih baik. Pesan penting lainnya untuk didiskusikan dengan peserta yaitu bahwa siklus kehidupan manusia dan siklus kehidupan usaha memiliki kesamaan. Sebuah usaha adalah sesuatu yang memiliki kehidupan sendiri, dan dapat berkembang menjadi independen dari pemiliknya,  seperti halnya seorang anak tumbuh dan menjadi dewasa serta mandiri dari orangtuanya. Ini adalah pelajaran penting bagi perempuan untuk menjalankan sebuah usaha.

You may also like...