Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut, Sosialisasi Perlindungan Hukum bagi Pewarta Warga Wilayah Sumatera dan Diskusi Pengelolaan Suara Komunitas

Combine Resource Institution (CRI) menggelar “Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut, Sosialisasi Perlindungan Hukum bagi Pewarta Warga Wilayah Sumatera dan Diskusi Pengelolaan Suara Komunitas” pada Senin, 28 s/d 30 Agustus 2015 bagi pewarta warga di wilayah Sumatera. Pelatihan ini dimaksudkan agar pewarta warga pada portal suarakomunitas.net mengerti bagaimana menulis berita dengan etika jurnalistik yang benar serta hukum apa saja yang menjadi landasan mereka dalam menulis berita dengan dasar etika jurnalistik. Beberapa pewarta warga dari Sumatera yang dianggap cukup potensial, diundang dalam pelatihan ini.

Pewarta warga wilayah Sumatera dalam suarakomunitas.net telah berkembang dan berproses secara alamiah dan cukup membanggakan. Konsep citizen journalism nampaknya telah terlihat dalam scoop ini, terbukti dengan pewarta warganya yang berkembang secara alamiah (otodidak) dalam menulis berita dan mengabarkan apa yang dialami mereka dan komunitasnya di daerah masing-masing.

Namun dibalik kemandirian para pewarta warga dalam mengembangkan kualitas tulisannya tersebut, bukan berarti mereka dibiarkan berkembang sendiri tanpa pendampingan. Di samping itu, Tim Suara Warga mengamati bahwa masih banyak artikel yang dibuat warga dalam suarakomunitas.net sebagian besar belum memenuhi kaidah jurnalistik, bahkan seringkali prinsip dasarnya pun terabaikan. Dengan kondisi seperti itu, tuntutan hukum sangat mungkin terjadi apabila pewarta warga masih tidak mengerti atau belum mengindahkan kaidah penulisan jurnalistik.

Pelatihan ini dimaksudkan agar pewarta warga Suara Komunitas Wilayah Sumatera mampu menghasilkan berita yang sesuai dengan kaidah jurnalistik. Selain itu tujuan lain yang tak kalah penting adalah adanya pengelolaan Suara Komunitas di Wilayah Sumatera yang lebih baik dan terstruktur, sehingga konsep citizen journalism di Sumatera semakin berkembang dan harapannya akan lebih baik. Pelatihan lanjutan ini mengusung metode lokakarya dan FGD dalam pelaksanaannya. (Angela)

Jadwal Kegiatan
Jumat, 28 Agustus : Diskusi Refleksi Pra-musyawarah PSK, Visioning Pra-Musyawarah, dan Diskusi pengelolaan PSK
Sabtu, 29 Agustus : Sosialisasi perlindungan hukum pewarta warga AJI, Bedah artikel SK.net, Menentukan angle berita, menulis berita
Minggu, 30 Agustus: Review menulis berita, Pelatihan foto jurnalistik, review hasil praktik foto.

You may also like...