Laporan Tahunan Combine Resource Institution (CRI) 2014

Konsistensi dan inovasi. Dua kata kunci menuju kemajuan sebuah organisasi, baik berorientasi profit mau­pun tidak. Tantangannya adalah, tidak mudah memadukannya. Konsistensi cende­rung bersifat internal, bertekun pada nilai dan cita-cita yang diyakini dan diperjuang­kan. Sedangkan inovasi lebih bertumpu pada kejelian dan kepekaan membaca situasi dan kemudian berpikir solutif dan kreatif.Keseimbangan inilah yang berusaha di­jaga oleh Combine Resource Institution (CRI). Beberapa gagasan program yang ke­mudian dihasilkan dari upaya ini, menda­pat respon positif berupa dukungan untuk mengimplementasikannya. Dan 2014 men­jadi awal pengujian apakah program terse­but mencerminkan konsistensi dan ino­vasi lembaga yang bertemu dengan kekuatan dan kebutuhan komunitas, tokoh utama dalam tiap program CRI.

Tidak banyak lembaga nonpemerintah, kerap juga disebut swadaya masyarakat, yang bertahan hingga lebih dari 10 tahun. Di usia yang menginjak empat belas tahun, sebagaimana usia puber di siklus hidup ma­nusia, maka pertanyaan menyangkut eksis­tensi banyak mengemuka. Sudahkah visi misi tercapai, masihkah dibutuhkan keha­dirannya, mau apa lagi berikutnya adalah contoh pertanyaan yang terus menggaung.Maka wajar apabila banyak warna yang menghiasi perjalanan CRI di 2014, baik yang terkait langsung dengan implementasi program secara teknis maupun yang bersi­fat filosofis dan strategis. Catatan reflektif perjalanan di buku ini akan dapat memberi gambaran besar tentang hal itu.

Warna-warni itu diharapkan membawa perubahan dan kesegaran, untuk mencapai konsistensi dan inovasi. The journey of a thousand miles begins with one step, begitu kata Lao Tzu filsuf Tiongkok. Perjalanan CRI terus berlanjut. Dan seperti bertahun sebe­lumnya, sejak langkah pertamanya di awal tahun yang baru lembaga ini membutuhkan teman untuk saling berbagi, menginspirasi, mengingatkan, menguatkan untuk mewu­judkan visi yang diyakini bersama. Teman itu adalah Anda.

You may also like...