Workshop Sistem Informasi Desa (SID) untuk Tim Laboratorium PPPM Fakultas Geografi UGM

Combine Resource Institution (CRI) mengadakan Workshop Sistem Informasi Desa (SID) untuk Tim Laboratorium PPPM Fakultas Geografi UGM pada Rabu, 13 Mei 2015 di Kantor CRI, Pelemsewu, Sewon, Bantul. Workshop kali ini diikuti oleh 8 orang perwakilan dari Laboratorium PPPM yang diwakili oleh 4 orang mahasiswa dan 4 orang dosen.

Laboratorium Perencanaan Partisipatif dan Pengembangan Masyarakat (Lab-PPPM) Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) tengah menjajagi potensi kolaborasi dengan Combine Resource Institution (CRI) pada program penerapan Sistem Informasi Desa (SID).

Laboratorium yang dikepalai oleh Dr. M. Baiquni ini telah melihat potensi CRI sejak lama. Tahun 2014 lalu, tim Lab-PPPM pernah berkunjung ke CRI untuk komunikasi awal secara kelembagaan. Pada tahun 2015 ini, Lab-PPPM hendak melanjutkan kembali rencana kerjasama yang telah dirintis itu.

Lab-PPPM telah memasukkan Sistem Informasi Desa (SID) dalam agenda pengabdian masyarakat. Mereka telah melakukan studi tentang konsep dan pembangunan skema “Desa Bersaudara” yang diterapkan di Desa Ngargomulyo dan Desa Tamanagung di Magelang, Jawa Tengah. Proses studi itu telah berlangsung sejak beberapa tahun yang lalu dan juga menjadi topik disertasi staf Lab-PPPM.

Rencana agenda pengabdian masyarakat ini akan difokuskan pada sosialisasi konsep “Desa Bersaudara” ke masyarakat desa setempat melalui visualisasi basis data yang antara lain berwujud peta. Selain di kawasan Merapi, rencana agenda pengabdian masyarakat Lab PPPM UGM ini juga akan diterapkan di kawasan kepulauan di Sulawesi Utara. Untuk mendukung realisasi agenda itu, Lab PPPM UGM sedang memasukkan proposal ke LPPM UGM dan Dikti sebagai program kolaborasi dengan CRI dalam tahun 2015 ini.

Berdasarkan rencana tersebut, workshop kali ini bertujuan untuk membangun ruang diskusi mendalam mengenai aspek teknis dan non teknis SID sebagai bekal bagi tim Lab-PPPM untuk melaksanakan pengabdian masyarakat yang telah diprogramkan serta merumuskan ruang-ruang kolaborasi secara terperinci antara CRI dan Lab-PPPM.

You may also like...