Training of Trainer tentang Sistem Informasi Desa (SID) dan Jurnalisme Warga di Kabupaten Kebumen

Combine Resource Institution kembali mengadakan Training of Trainer/ToT (Pelatihan untuk Pelatih) tentang Sistem Informasi Desa (SID) dan Jurnalisme Warga pada Kamis – Jumat, 9 – 10 April 2015 di Benteng Vander Wijck Gombong. Pelatihan kali ini diikuti oleh 10 desa di Kebumen yang telah menerapkan SID, perwakilan dari Kabupaten, dan mitra lembaga setempat (FORMASI).

Sistem Informasi Desa dalam kurun waktu 6 tahun terakhir pernah digunakan oleh sedikitnya 1104 Desa yang terbagi dalam 32 Kabupaten/kota dan 6 Provinsi di Indonesia. Kabupaten Kebumen sebagai salah satu wilayah implementasi Sistem Informasi Desa pada tahun 2013 sampai sekarang telah memperlihatkan hasil yang signifikan. Kerjasama dengan Mitra lembaga setempat yaitu Formasi, membuahkan hasil penambahan fitur dan jumlah wilayah pengguna. Saat ini hampir 80 % desa di Kabupaten Kebumen menggunakan SID. Hal positif lainnya adalah terbangunnya analisis kemiskinan berbasis rumah tangga.

Peningkatan jumlah kunjungan website desa berbasis Sistem Informasi Desa pada 10 desa percontohan mengalami lonjakan 30 – 80 %. Hal ini dipengaruhi oleh pengisian konten data informasi yang berimbang dalam konteks Undang Undang Keterbukaan Informasi Publik dan Informasi dan Transaksi Elektronik. Hal lainnya yaitu terbitnya Undang Undang Desa, sehingga bisa dijadikan sarana pertukaran pengetahuan dan pengalaman.

Dalam sisi pengisian konten terkait dengan jurnalisme terjadi peningkatan 0 – 7 %, hal ini menarik untuk dikaji lebih lanjut untuk memperbaik kendala kesulitan pembuatan berita dan atau tata kelola tim Sistem Informas Desa di Desa percontohan.

Untuk memperkuat pengelolaan SID secara lebih jauh, maka diperlukan pelatihan tingkat lanjut baik dari sisi pengelolaan data sampai ke jurnalisme warga. Pelatihan tingkat lanjut ini akan mendorong terkuasainya konsep utuh SID yang mencakup tata kelola data desa dan tata kelola informasi desa dengan beragam media yang dapat digunakan.

You may also like...