2016 Seluruh Desa Sudah Jalankan SID

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul saat ini terus melakukan pelatihan Sistem Informasi Desa (SID) kepada perangkat desa. Diharapkan, mulai 2016 mendatang, seluruh desa sudah bisa menerapkan sistem tersebut.

Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi mengatakan saat ini sebanyak 144 desa sudah mendapatkan pelatihan SID. Harapannya, program tersebut bisa segera dilaksanakan sehingga bisa memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Hari ini 144 desa sudah mendapatkan pelatihan SID, dan diharapkan bisa segera dijalankan,” katanya, Senin (20/4/2015).

Penerapan SID ini menurut Immawan bertujuan untuk memaksimalkan pendataan administrasi kependudukan. Nantinya dengan menggunakan sistem ini, data kependudukan dapat ditampilkan lebih detail lagi dibandingkan dengan sebelumnya.

Selain itu, dengan sistem baru ini nantinya akan semakin memudahkan pelayanan kepada masyarakat sekaligus menambah akurasi data guna penaggulangan kemiskinan. “Pelaksaan SID ini didukung oleh berbagai pihak termasuk LSM, nantinya Gunungkidul akan lebih maju dari daerah lain dalam menampilkan data kependudukan,” jelasnya.

Dengan memiliki data yang lebih akurat, nantinya dapat digunakan untuk mendukung program pengentasan kemiskinan yang dijalankan oleh pemerintah. Data yang disusun melalui SID ini akan disinkronkan dengan datan yang dimiliki oleh Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD)

“Di setiap daerah data kemiskinan masih diragukan, tetapi kedepan di Gunungkidul akan jauh lebih akurat,” ucapnya.

Kedepan, Immawan berharap pemimpin Gunungkidul terus memberikan dukungan terhadap SID dengan menyediakan jaringan internet di sleuruh desa. Dengan begitu, program SID bisa berjalan maksimal sehingga memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Saat ini server yang kita miliki baru dipakai separuh, dan kedepan agar bisa dimaksimalkan. Yang dibutuhkan adalah anggaran jaringan internet dan server,”imbuhnya. (tribunjogja.com)

Sumber : http://jogja.tribunnews.com/2015/04/20/2016-seluruh-desa-sudah-jalankan-sid

You may also like...