Monitoring dan Koordinasi Program Integrasi SID dan Open Data di Lombok Tengah

Program penerapan Sistem Informasi Desa (SID) di Lombok Tengah dikelola oleh Combine Resource Institution (CRI) dalam skema proyek bertajuk “Pelembagaan Perencanaan Lokal dan Penganggaran berbasis Partisipasi dan Integrasi antara SID dan Open Data”. Wilayah ini masuk dalam payung program nasional kemitraan untuk penanggulangan kemiskinan bertajuk Strategic Alliance for Poverty Alleviation (SAPA) Indonesia. Dalam skema kemitraan ini, CRI menjadi salah satu pelaku utama sebagai lembaga yang telah memiliki pengalaman dalam pengembangan dan penerapan SID yang salah satu fungsi dan tujuannya bisa dimanfaatkan untuk pengelolaan data desa dalam program penanggulangan kemiskinan di tingkat desa dan daerah.

Pada tahap awal kegiatan di tahun 2014, tim CRI telah melakukan sosialisasi program dan assessmen peran para pihak yang melibatkan TKPKD Kabupaten Lombok Tengah dan konsorsium lembaga masyarakat sipil setempat, Pada tahap berikutnya, CRI melakukan kesepakatan kerjasama dengan Berugak Dese, salah satu lembaga masyarakat setempat, sebagai mitra pelaksana program di Kabupaten Lombok Tengah. Kerjasama ini dilakukan untuk periode 1 September 2014 hingga 31 Agustus 2015.

Namun, dengan berjalannya waktu, program ini belum berjalan maksimal karena keterbatasan intensitas pertemuan dan jarak yang jauh sehingga menjadikan beberapa kesalahpahaman terjadi dalam pengelolaan program. Oleh karena itu perlu ada langkah koordinasi kembali dengan para pihak terkait seperti dengan Koordinator Daerah SAPA, membangun relasi  dengan Tim Koordinator Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Lombok Tengah dan lembaga masyarakat setempat  untuk memastikan program bersama ini bisa kembali berjalan sesuai tujuan awal.

Koordinasi lanjutan ini akan dilaksanakan Kamis dan Jumat, 12 – 13 Maret 2015 di Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Koordinasi ini melibatkan para pihak akan diikuti oleh perwakilan CRI, anggota konsorsium, pegiat Berugak Dese, Koordinator Daerah SAPA, dan perwakilan TKPKD Kabupaten Lombok Tengah.

You may also like...