Combine dan FMYY Jepang Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar&Penyiaran Rakom di Borobudur

Combine Resource Institution bekerjasama dengan FMYY Jepang menggelar pelatihan Jurnalistik Dasar dan Penyiaran Radio Komunitas di Komunitas Mandala Gemaswara Mandiri (MGM) Borobudur, Magelang, Jawa Tengah Selasa (09/12) sampai Rabu (10/12). Pelatihan ini diikuti oleh Komunitas MGM yang telah menyadari akan pentingnya kebutuhan informasi berbasis warga, khususnya melalui media radio komunitas.

Dalam pelatihan ini, warga diajak untuk mengenal media komunitas khususnya radio komunitas dan dasar-dasar jurnalistik. Melalui pelatihan ini, mereka diharapkan bisa menggunakan media untuk mengangkat berbagai persoalan yang ada di wilayah mereka.

Sebagai komunitas yang berada di wilayah Candi Borobudur, kerapkali menghadapi problem sosial akibat aktivitas pariwisata global. Salah satunya adalah kesejahteraan warga. Sebuah ironi yang hadir di tengah megahnya candi yang menjadi sorotan wisata dunia.

Pelatihan ini dimulai dengan pemaparan materi mengenai jurnalisme radio secara umum dan dilanjutkan dengan diskusi untuk menggali sampai sejauh mana pemahaman mereka mengenai jurnalisme radio. Selain itu, pelatihan juga akan sampai pada tahap praktik siaran yang sesuai dengan kaidah jurnalisme radio.

Melalui proses pelatihan ini, diharapkan komunitas MGM dapat mengetahui prinsip pembuatan berita yang mendasarkan pada situasi, kondisi bahkan problem di kawasan Borobudur, sekaligus menyiarkannya melalui radio komunitas.

You may also like...