Combine dan Media Komunitas Advokasi Isu Lokal Pascapemilu 2014

Combine Resource Institution (CRI) sebagai lembaga yang mendedikasikan diri untuk mendorong perubahan sosial akan bekerjasama dengan sejumlah media komunitas guna mengawal dan mengadvokasi isu-isu lokal. Sebagai langkah awal dari upaya itu, Combine akan mengadakan pemetaan awal di radio komunitas di sejumlah daerah pada 8 – 18 September 2014.

Advokasi isu-isu lokal ini mengambil momen pascapemilu 2014. Tingginya angka partisipasi rakyat dalam Pemilu 2014 menunjukkan bahwa rakyat masih menaruh harapan perubahan lewat pemilu, meski tidak sedikit yang menganggap bahwa pemilu hanya formalisasi pergantian rezim yang menindas.

Salah satu saluran untuk menyuarakan harapan rakyat adalah media komunitas. Dengan posisi semacam itu, media komunitas idealnya mampu memberikan pandangan kritis terhadap fenomena politik kontemporer. Selain itu media komunitas juga harus mampu menjadi motor penggerak gerakan-gerakan kritis rakyat.

Bersama beberapa media komunitas dan elemen pro-demokrasi lainnya Combine telah melakukan upaya-upaya terkait pendidikan politik kritis sepanjang Pemilu 2014. Namun upaya-upaya tersebut hanya langkah awal guna mengawal dan mengadvokasi isu-isu lokal.

Untuk memastikan kegiatan tersebut berjalan sesuai rencana maka dibutuhkan data dan pengetahuan yang cukup, baik mengenai lokasi, isu lokal, kapabilitas media komunitas, mitra lokal dan antusiasme warga. Maka CRI, melalui Divisi Suara Komunitas, berencana melakukan pemetaan ke beberapa wilayah sebelum memulai rangkaian advokasi kolaboratif bersama media-media komunitas.

Pemetaan tersebut akan dilaksanakan pada 08-18 September 2014 di 6 radio komunitas (rakom) di 6 wilayah yang berbeda (lihat tabel).

Radio Komunitas Wilayah Keterangan
Rakom To Kalekaju Palopo, Sulawesi Selatan Fokus isu advokasi konflik agrarian
Rakom Primadona FM Lombok Utara, NTB Fokus isu pelayanan publik (bantuan sosial)
Rakom Khairatunnisa Aceh Barat Daya, Aceh Fokus isu pelayanan publik (administrasi kependudukan)
JRK Cilacap Cilacap, Jawa Tengah Fokus isu buruh migran
Pendowo FM Sidoarjo, Jawa Timur Fokus isu keadilan ekonomi (bisnis toko waralaba)
Marsinah FM Jakarta Fokus isu perempuan

You may also like...