16-17 Juli 2014, Pelatihan Jurnalisme Radio

Reporter, pengelola, maupun pemilik stasiun radio yang menjadikan radio sebagai komponen penting untuk penyampaian informasi sudah semestinya memiliki pengetahuan mengenai jurnalisme radio. Jurnalisme radio yang dimaksud adalah ilmu yang menjelaskan teori kiat di balik pembuatan program-program radio seperti berita, laporan aktual, program interaktif dan feature, yang menempatkan radio sebagai pertukaran opini dan aspirasi publik.

Sebagai sebuah radio komunitas di lingkungan bencana, Gema Merapi FM menjadikan radionya sebuah komponen penting dalam penyampaian informasi terkait ancaman bencana. Selain menyiarkan informasi mengenai kebencanaan, konten lokal non-kebencanaan seperti pertanian dan budaya juga tetap disiarkan.

Walaupun sudah mengudara sejak Mei 2011, pengetahuan tentang jurnalisme radio masih minim. Hal tersebut terlihat dari konten siaran yang belum sesuai dengan kaidah jurnalisme. Oleh karena itu, Program Tangguh Merapi Tikus Darat melihat bahwa pelatihan jurnalisme radio cukup strategis untuk diadakan di Gema Merapi FM. Selain didorong kesadaran akan pentingnya konten kebencanaan yang sesuai dengan kaidah jurnalisme radio, pelatihan ini juga dapat dipakai untuk mengukur pemahaman jurnalistik para peserta disamping menjaring minat baru di kalangan pemuda setempat.

Pelatihan ini akan dimulai dengan pemaparan materi mengenai jurnalisme radio secara umum. Selain pemaparan materi, diskusi juga akan dilakukan untuk menggali sampai sejauh mana pemahaman mereka mengenai jurnalisme radio. Selain itu, pelatihan juga akan sampai pada tahap praktik siaran yang sesuai dengan kaidah jurnalisme radio.

Pelatihan ini akan diadakan di Balai Desa Wukirsari, Cangkringan, Sleman tanggal 16 dan 17 Juli 2014 pukul 12.30-17.30 dan diikuti oleh 25 orang yang terdiri dari pegiat radio komunitas Gema Merapi dan karang taruna setempat. Pelatihan ini akan difasilitatori oleh Wahyu M.K dari Suara Komunitas serta Duala Oktoriani, Totok Hartanto, dan Andrew Dananjaya dari Tikus Darat CRI. 

You may also like...